MI/SD MIMHa

MADRASAH INTERAKTIF MIFTAHUL HUDA

VISI 2015
Menjadi lembaga pendidikan yang ramah dan mengoptimalkan beragam kecerdasan

MISI 2015
1. Mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan instrumen penilaian yang mengoptimalkan beragam kecerdasan
2. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang ramah dan mengoptimalkan beragam kecerdasan
3. Membangun mutu pendidik dan tenaga kependidikan yang ramah dan mengoptimalkan beragam kecerdasan
4. Menyediakan sarana prasarana yang SALAMAN (Sehat, Aman, Lengkap, Mudah, Nyaman) dan menfasilitasi beragam kecerdasan
5. Membangun sistem pengelolaan pendidikan yang ramah dan mengoptimalkan beragam kecerdasan

Rancang Bangun Madrasah Interaktif
Sebuah kekuatan paradigma

“Didiklah anakmu karena dia akan menghadapi zaman yang berbeda denganmu.”
(Ali Bin Abi Thalib r.a)

START OF VIEW

Paradigma interaktif kami pilih sebagai bentuk keprihatinan melihat fenomena pendidikan yang terlihat intelektualistis dengan hanya mengejar aspek kognitif belaka yang tercermin dalam UAN sekarang ini. Padahal jelas-jelas dalam tujuan pendidikan dinyatakan tujuan pendidikan tidak sempit pada pengembangan kognitif tetapi lebih holistik mencakup pengembangan seluruh aspek dari potensi manusia.
Dengan demikian pendidikan kedepan memerlukan pendidikan yang lebih ramah dan bisa mengoptimalkan proses pendidikan dengan lebih menyeluruh dalam semua aspek baik kognitif, fisik, sosial-emosi, kreativitas, dan spiritual. Sekolah dengan model pendidikan seperti ini berorientasi pada pembentukan anak sebagai manusia yang utuh. Kualitas anak didik menjadi unggul tidak hanya dalam aspek kognitif, namun juga dalam karakternya. Anak yang unggul dalam karakter akan mampu menghadapi segala persoalan dan tantangan dalam hidupnya kini dan kedepan. Disinilah Madrasah Interaktif mencoba mengambil posisi dengan membangun sisi karakter lebih khususnya karakter Tauhid.

PIJAKAN MADRASAH INTERAKTIF

“… Jadilah kalian generasi Rabbani dengan sebab kalian mengajarkan Al Kitab (Al Quran) dan belajar (Alquran)“. (QS Ali Imran:79)

“Pijakan akan menentukan hasil yang kita dapatkan”
(Abu Asyad)

Interaktif bagi kami saat ini merupakan thariqah perjuangan dalam mewujudkan sebuah pembelajaran yang membahagiakan seperti yang kami cita-citakan.
Paradigma interaktif senyatanya terbangun diatas tiga pondasi sebagai dasar dalam proses sebuah pembelajaran yang kami selenggarakan, 3 pilar itu adalah: Pertama, Sekolah tidak semata-mata mengajarkan kompetensi akademis, tetapi juga pengembangan karakter dan kepemimpinan. kedua, Sekolah hanyalah salah satu dari tiga subsistem pendidikan yang diterima seorang anak, dua yang lainnya adalah subsistem pendidikan keluarga, dan subsistem pendidikan masyarakat. Ketiga, Sinergi dari tiga subsistem ini insyaAllah dirancang untuk menghasilkan output pendidikan yang bersifat holistik (generasi tauhid): sehingga dengannya anak menjadi bahagia dan bersyukur menjadi dirinya sendiri, bakat dan potensinya teraktualisasi, berkontribusi dengan semangat rahmat bagi semesta alam.

Kerjasama tiga subsistem

Keluarga
Sekolah interaktif memandang bahwa karakter anak dibentuk secara efektif oleh keluarga. Kebiasaan sehari-hari di rumah yang dilakukan berulang, dan anak merasa aman dan nyaman melakukannya, sehingga dianggap anak sebagai bagian dan nilai-nilai yang patut dianut dan diterapkan. Adanya koreksi diperlukan ketika disadari muncul sifat-sifat atau kebiasaan negatif pada anak. Sekolah interaktif secara proaktif mengkomunikasikan hal-hal semacam ini kepada keluarga dan secara bersama-sama melakukan upaya perbaikan dini.

Masyarakat

Kepemimpinan merupakan tanggung jawab yang melekat pada makhluk manusia. Rosulullah Saw bersabda:“ Setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap kamu akan ditanya tentang peran kepemimpinannya.” Tugas manusia sebagai khalifah (wakil) Allah di bumi mengisyaratkan betapa pentingnya bekal kepemimpinan.
Tidak ada pemimpin tanpa ada tempaan masyarakat, seperti halnya tidak ada ikan jika tidak ada air, membiarkan anak bergaul dengan teman sebaya ( feer group ) dapat dipandang dan dimanfaatkan sebagai proses pematangan jati diri dan kepemimpinan anak. Kemampuan menahan ego, kesiapan memikul tanggung jawab, berkontribusi kepada masyarakat, adalah sebagian dari bekal kepemimpinan.
Sekolah interaktif mengajak keluarga memberi modal percaya diri pada anak dan keyakinan yang teguh kepada Allah, diiringi doa yang tidak terputus. Sebab lingkungan masyarakat berada diluar pengaruh langsung sekolah dan keluarga, dan tidak selamanya dalam jangkauan pantauan dan pengawasan.

PILAR MADRASAH INTERAKTIF

Wahai orang yang beriman jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka. (QS.3:..)

Dalam meujudkan sekolah yang membahagiakan waktu dan ilmu telah memberi kami banyak pelajaran. Tersusunlah sebuah konsep pembelajaran sekolah membahagiakan yang merupakan integral dari pola asuh, pola pembelajaran, pola didik dan pola penanaman nilai yang kami rangkai dalam konsep 4M, yakni :
a. Menyenangkan
b. Mengasyikan
c. Mencerdaskan dan
d. Menguatkan karakter
Menyenangkan anak menyangkut pola asuh islami yang seimbang antara kasih saying dengan kedisiplinan, dalam hal ini penerimaan seluruh warga sekolah baik itu murid, guru, manajemen sekolah, penjaga sekolah dan orang tua merupakann modal sekolah sebagai tempat yang menyenangkan sehingga anak kecil kemungkinan tidak mengalami luka secara psikologis karena semua pihak dalam sekolah menjadi pihak yang ramah terhadap perkembangan psikologis anak. Mengasyikan, menjadikan anak terlibat dalam proses pembelajaran merasa terlibat dalam proses belajar karena apa yang mereka pelajari adalah sesuatu yang bisa mereka lakukan dan langsung merubah prilaku mereka inilah pembelajaran yang sesuai dengan konteks lingkungan, anak tidak melangit tanpa anak tahu hakikat dan apa yang harus mereka lakukan setelah belajar usai. Mencerdaskan, tidak ada kata bodoh pada sekolah ini yang terbangun adalah sekolah yang berpandangan seperti Nabi Khadir saat berkata kepada Musa : “wahai Musa aku mengetahui apa yang tidak engkau ketahui dan engkau Musa mengetahui apa yang tidak aku ketahui”,
Subhanallah tidak ada lagi anak yang tidak menerima dengan potensi dan keberadaan dirinya anak-anak dalam lingkungan seperti ini menjadi anak yang bersyukur dan bahagia dengan apa yang Allah berikan kepada mereka. Menguatkan karakter, salah satu hal yang perlu kita akui adalah bangsa ini tidak kurang ribuan sarjana tercetak setiap tahunnya dinegeri ini tapi lihat bagaiama karakter bangsa ini, tidak terlihat lagi sebagai bangsa yang bernilai hal ini terjadi karena terjebak dengan sistem pendidikan yang hanya menekankan aspek kognitif semata, dimanakah pengajaran karakter bangsa kita yang ramah, jujur, tanggung jawab, penuh senyum bisa kita wariskan untuk anak-anak penerus bangsa ini padahal hal inilah yang akan membentuk karakter bangsa kita.
Betul bahwa aspek kognitif adalah sesuatu yang penting bagi aspek pendidikan kita tapi manusia sebagai objek pendidikan tidak hanya diwakili oleh kognitifnya tapi juga afektif dan motoriknya maka penting bagi kita melihat manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang utuh dengan berbagai aspeknya sehingga pendidikan mampu melayani dan mengoptimalkan semua potensi tersebut melalui pendidikan yang tidak hanya berorientasi angka tapi juga pembentukan hatinya.
BEKALAN YANG KAMI USUNG
“ Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan Akhlaq”. (Alhadits)

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang kami gunakan adalah “Kurikulum Holistik Berbasis Karakter Tauhid” yakni kurikulum utuh guna mengoptimalkan aspek akademik dan karakternya. Kurikulum yang berbasis pada penyiapan peserta didik untuk menghadapi masa depannya, melalui tema-tema yang dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak dengan pendekatan pembelajaran berpusat pada anak serta problem solving sebagai salah satu jalan untuk menjadikan anak sebagai pembelajar sejati.
Kurikulum ini ditujukan untuk membentuk kualitas karakter yang mencirikan seorang pembelajar sejati (lifelong learner) yang mandiri, yakni:
1. Selalu ingin tahu dan bertanya (inquirer)
2. Berpikir kritis dan kreatif (critical and creative thinkers)
3. Berpengetahuan luas (knowledgeable)
4. Komunikator yang efektif (effective communicator)
5. Berani mengambil resiko (risk taker)

Karenanya secara umum bekalan materi yang kami berikan kepada peserta adalah :
1. Diniyyah sebagai basis nilai
2. Kurikulum diknas dengan pendekatan problem solving
3. Karakter Tauhiid
4. Life skill
5. Multiple intelegence

PRINSIP PEMBELAJARAN
MADRASAH INTERAKTIF

Adaptasi penerapan pendidikan Madrasah Interaktif dapat dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip :
1. Pembelajaran memerlukan partisipasi aktif siswa (belajar aktif).
Menurut Benjamin Franklin : Tell me and I forget, teach me and remember, Involve me and I learn”. Untuk itulah keterlibatan aktif dari siswa merupakan jantung dalam sebuah proses belajar hal ini dikuatkan lagi dalam penelitian Bobby De Porter yang menemukan kita belajar 10 % dari yang kita baca, 20% dari apa yang kita dengar, 30% dari appa yang kita lihat, 50 % dari apa yang kita lihat dan kita dengar, 70% dari apa yang kita katakana dan 90% dari apa yang kita lakukan dan katakana.
Jelaslah bahwa semakin kita terlibat dalam suatu proses pembelajaran yang melibatkan banyak indera semakin lengkaplah pembelajaran yang kita laksanakan.dengan demikian pembelajaran holistik yang mengubah paradigma yang bersifat parsial kepada aspek yang menyeluruh m enjadikan pembelajaran lebih bermakna, sehingga insting kecintaan kita terhadap belajar yang disinyalir berasal dari kesalahan-kesalahan dalam metotivasi belajar baik dari guru dan orang tua, seperti: (1) suasana belajar yang tidak mendukung, berupa hilangnya keterlibatan seluruh dimensi manusia untuk bereksplorasi, belajar sambil bermain yang menyenangkan telah hilang oleh system pendidikan di rumah dan disekolah.(2) Pelajaran yang disajikan kepada siswa seolah-olah hanya disajikan untuk menghadapi tes, ujian dan latihan (drilling) sehingga kebanyakan siswa tidak mengerti akan subjek yang dipelajari mengapa mata pelajran itu penting dipelajari, dan manfaatnya dalam kehidupannya.(3) terllau menstandarkn penilaian ada aspek akdemik dengan nilai angka dan ranking, bukan kepada aproses pembelajaran yang mengakibatkan beban yang berlebihan terhadap anak padahal hal terpenting dalam pembelajaran adalah bagaimana membentuk anak agar senang dan termotivasi untuk terus belajar (mencipatakan pembelejar sejati-lifelong learners). Untuk itu perlu dilakukan pembelajaran yang dapat menjadikan anak terlibat dalam pembelajaran dan pendekatan konstruktivisme adalah dasar da prinsip pendekatan belajar saat ini yang dipandang mampu melibatkan anak.
2. Setiap anak belajar dengan kecepatan berbeda
Dalam kasus ini maka Gardner lah yang memberi kita keluasan pandangan mengenai arti sebuah kecerdasan ia merumuskan 9 kecerdasan yang membuat anak kita memiliki kemampuan yang selama ini kita peandang sempit sebagai kemampuan akademik semata. Menurut Gardner:
• Kesemua manusia memiliki kesembilan aspek kecerdasan ini dengan kadar yang berbeda
• Setiap manusia memiliki komposisi kecerdasan yang berbeda
• Seluruh aspek kecerdasan ini berada pada bagian otak yang berbda yang dapat bekerja secara mandiri atau secara bersamaan.
Karena itu banyak pilihan kegiatan yang dapat dikembangan untuk melatih kecerdasan majemuk/ganda ini, diantaranya saja:
• Diskusi kelompok-verbal bahsa, Interpersonal
• Menulis jurnal, buku harian- Intra personal, bahasa-verbal.
• Koreografi-Musik, Verbal-bahasa, Interpersonal, Kinestetik.
• Membuat Grafik- Logis Matematik, Visual-spasial
• Menyususn scenario dan membuat drama- Verbal-bahasa, Interpersonal, Visual-Spasial
• Menulis laporan dan mengarang-verbal Bahasa
• Membuat Poster-Verbal-bahasa, visual spasial
• Belajar dengan objek konkrit-kinestetik, logis-matematik
• Mengarang Lagu-Musik, verbal bahasa
• Membuat model/miniataur bangunan-kinestetik, logis matematis.
3. Anak-anak dapat belajar dengan efektif bila dalam suasana kondusif
Adapun ciri-ciri kelas yang kondusif sehingga membuat para pembelajar memiliki motivasi belajar yang tinggi, berani mencoba (risk taker), dan menjadi pembelajar yang sejati adalah:
• Adanya pembelajaran karakter secara eksplisit
• Adanya aturan dan kode etik yang dibuat dengan melibatkan semua pihak didalam kelas dan dipatuhi dengan baik.
• Hubungan natar siswa saling mendukung, tidak terjadi persaingan yang tidak sehat
• Adanya rasa saling percaya dan saling menghormati anta siswa da guru. Guru menghormati dan memperlakukan siswa sara baik
• Guru berusaha mengenal siswa secara pribadi dan mengetahui keunikan masing-masing siswa
• Guru bertindak sebagi fasilitator yang memberikan peluang insiatif bagi sisw dan memotivasi agar tertarik pada materi
• Guru menyiapakan perencanaan belajar agar dapat menstimulasi seluruh dimensi perkembangan siswa
• Setiap siswa haruas merasa keberadaanya diterima dan dihargai.
• Setiap siswa merasa telibat dalam pengambilan keputusan dan berpartispasi aktif dalam proses belajar.
• Adanya kesempatan belajar dalam kelompok sehingga ada kesempatan untuk berinteraksi secara positif
• Iklim belajar yang menyenangkan tidak ada tekanan, dan beban yang berlebihan.
• Iklim belajar yang memberikan peluang melakukan kesalahan sebagai bagian alami dalam proses belajar sehingga para siswa menjadi risk taker, dan mempunyai motivasi untuk mempelajari hal baru dan yang sulit.

Pendidikan Karakter
Sebuah Pilihan Pembelajaran

“Di dalam tubuh kita ada segumpal darah, apabila baik maka baiklah seluruhnya, dan jika buruk maka buruklah seluruhnya.”
Hadits Sahih

Pendidikan karakter mempunyai makna lebih tinggi dari pendidikan moral, karena bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, lebih dari itu pendidikan karakter menanamkan kebiasaan (habituation) tentang hal yang baik sehingga siswa didik menjadi faham (domein kognitif) tentang mana yang baik dan salah, mampu merasakan (domein afektif) nilai yang baik dan mau melakukannya (domein psikomotor). Seperti kata Aristoteles, karakter itu erat kaitannya dengan “habit” atau kebiasaan yang terus menerus dipraktekkan dan dilakukan.
Akar kata “karakter” dapat dilacak dari kata Latin “kharakter”, “kharassein”, dan “kharax”, yang maknanya “tools for marking”, “to engrave”, dan “pointed stake”. Kata ini mulai banyak digunakan (kembali) dalam bahasa Prancis “caractere” pada abad ke-14 dan kemudian masuk dalam bahasa Inggris menjadi “character”, sebelum akhirnya menjadi bahasa Indonesia “karakter”.
Dalam Kamus Poerwadarminta, karakter diartikan sebagai tabiat; watak; sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang daripada yang lain.
Menurut Wynne (1991) kata karakter berasal dari Bahasa Yunani yang berarti “to mark” (menandai) dan memfokuskan pada bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku. Oleh sebab itu seseorang yang berperilaku tidak jujur, kejam atau rakus dikatakan sebagai orang yang berkaraktek jelek, sementara orang yang berperilaku jujur, suka menolong dikatakan sebagai orang yang berkarakter mulia. Jadi istilah karakter erat kaitannya dengan personality (kepribadian) seseorang, dimana seseorang bisa disebut orang yang berkarakter (a person of character) jika tingkah lakunya sesuai dengan kaidah nilai.
Berkowitz (1998) menyatakan bahwa kebiasaan berbuat baik tidak selalu menjamin bahwa manusia yang telah terbiasa tersebut secara sadar (cognition) menghargai pentingnya nilai karakter (valuing). Karena mungkin saja perbuatannya tersebut dilandasi oleh rasa takut untuk berbuat salah, bukan karena tingginya penghargaan akan nilai itu. Misalnya saja ketika seseorang berbuat jujur hal itu dilakukannya karena ia takut dinilai oleh orang lain, bukan karena keinginannya yang tulus untuk menghargai nilai kejujuran itu sendiri. Oleh sebab itu dalam pendidikan karakter diperlukan juga aspek perasaan (domein affection atau emosi). Memakai istilah Lickona (1992) komponen ini dalam pendidikan karakter disebut “desiring the good” atau keinginan utnuk berbuat kebaikan. Menurut Lickona pendidikan karakter yang baik dengan demikian harus melibatkan bukan saja aspek “knowing the good” (moral knowing), tetapi juga “desiring the good” atau “loving the good” (moral feeling) dan “acting the good” (moral action). Tanpa itu semua manusia akan sama seperti robot yang terindoktrinasi oleh sesuatu paham.

Karakter dan Keberhasilan Akademik

Dalam bukunya yang membahas tentang kecerdasan emosi atau Emotional Intelligence, Daniel Goleman (1995) mengungkapkan pentingnya kemampuan untuk menguasai emosi (kecerdasan emosi) sebagai penentu keberhasilan akademik anak, melebihi kemampuan intelektual (Intellectual Quotient=IQ) yang selama ini diakui berhubungan nyata dengan prestasi akademik siswa. Bahkan Goleman menyatakan bahwa 80 persen kesuksesan seseorang ditentukan oleh kecerdasan emosinya (Emotional Quotient=EQ), sementara hanya 20 persen ditentukan oleh IQ-nya.
Menurut Dorothy Rich (1997) terdapat nilai (values), kemampuan (abilities) dan mesin dalam tubuh (inner engines) yang dapat dipelajari oleh anak dan berperanan amat penting untuk mencapai kesuksesan di sekolah dan di masa mendatang. Hal ini ia percaya dapat dipelajari dan diajarkan oleh orangtua maupun sekolah yang dinamakannya Mega skills, meliputi :
1. percaya diri (confidence);
2. motivasi (motivation);
3. usaha (effort);
4. tanggungjawab (responsibility),
5. inisiatif (initiative),
6. kemauan kuat (perseverence),
7. kasih sayang (caring),
8. kerjasama (team work),
9. berpikir logis (common sense),
10. kemampuan pemecahan masalah (problem solving), serta
11. berkonsentrasi pada tujuan (focus).
Dilaporkan oleh Chicago Tribune dalam Megawangi (2002) bahwa US Departement of Health and Human Services menyebutkan beberapa faktor resiko tentang kegagalan sekolah pada anak. Faktor resiko tersebut bukan pada kemampuan kognitif anak melainkan pada kemampuan psikososial anak, terutama kecerdasan emosi dan sosialnya yang meliputi:
1. percaya diri (confidence),
2. kemampuan kontrol diri (self-control),
3. kemampuan bekerjasama (cooperation),
4. kemudahan bergaul dengan sesamanya (socializaation),
5. kemampuan berkonsentrasi (concentration),
6. rasa empati (empathy) dan
7. kemampuan berkomunikasi (comunication).

Nilai-Nilai Karakter Yang Kami Kembangkan

Syarat amal saleh ada dua ikhlash dan mencontoh Rasul (Fudlail bin Iyadh)

Karakter yang kami harapkan adalah karakter etik sebagai dasar dari keberhasilan yang pada intinya terdiri atas tiga karakter pokok yakni, karakter citra diri positif, karakter pembelajaran, dan karakter sosial. Kesemua karakter ini merupakan bahagian kecil dari karakter generasi holistik (Generasi Tauhiid) yang menjadikan muara dalam amal adalah Allah SWT (ikhlash) semata sebagai jalan bersyukur kepadaNya.
Ketiga karakter pokok tadi selanjutnya kami turunkan menjadi targetan karakter pada setiap kelas sebagai iklim pembelajaran yang dibangun dikelas-kelas. Untuk menguatkan iklim yang dibangun disusun pula 5 karakter pilar tauhid sebagai penguat yang menjadi dasar pembelajaran MIMHa.
Lima Karakter tauhid yang dikembangkan di MIMHa terdiri dari:
1. Ikhlash
2. Jujur
3. Adil
4. Tanggung Jawab
5. Santun

CIRI KHAS
Madrasah Ibtidaiyah Interaktif Miftahul Huda
(MIMHA)

Madrasah Untuk Semua
Berawal dari pemahaman MIMHa bahwa pembelajaran adalah hak dan kewajiaban untuk semua dengan potensi yang berbeda, MIMHa sebagai sebuah wadah pembelajaran mengarahkan pembelajaran kearah pembelajaran untuk semua yang diharapkan dapat membuka kesempatan pembelajaran bagi setiap anak yang kami pandang memerlukan layanan khusus satu dengan yang lainnya.

Aktifitas Rutin Harian

Waktu Aktivitas
08.00-08.15 Senam
Welcome Activity Dasar Karakter Tauhiid
08.15-08.30
08.30-09.30 Kegiatan Inti 1
09.30-09.45 Break
09.45-10.45 Kegiatan Inti 2
10.45-11.45 Kegiatan Inti 3
11.45-13.00 Shalat Dzuhur
Makan Siang
13.00-14.30 Ekstrakurikuler dan aktualisasi diri
14.30-15.00 Kegiatan penutup
15.00-15.30 Shalat ashar

Aktivitas Luar Ruangan
Berkunjung pada anak-anak kurang beruntung atau ke tempat pembuangan sampah akhir, bermalam ditenda, bertanam dan memelihara pohon, nonton bareng, berenang, adalah sebagian aktifitas belajar di sekolah interaktif.
Pada setiap semester secara berkala MIMHa menyelenggarakan program mabith dan outbound bagi murid kelas 3-6. Sasaran program ini mereka dibimbing untuk lebih kuat ruhiyah dan mental.

Pengganti Buku Paket
Pembelajaran disusun saling berkaitan antara satu subjek pembelajaran (SP) dengan SP yang lain, hal yang tidak terakomodasi oleh buku paket di pasaran. Tersedia Lembar Kerja Anak (LKA) yang disusun oleh gurunya sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak. Bagi guru tersedia sejumlah referensi yang kaya, yang memungkinkan guru senantiasa memperbaharui pengetahuannya tentang SP (Subjek pembelajaran) dan hal-hal lain yang terkait dengannya. Setiap tiga bulan sekali buku panduan pembelajaran kami sampaikan bagi orang tua sebagai penduan evaluasi pembelajaran di MIMHa.

Perpustakaan

Anak diberi kewajiban membaca buku sejumlah minimal tertentu dalam satu bulan. Buku dipinjam dari perpustakaan dan boleh dibawa pulang. Keluarga peserta didik secara otomatis juga menjadi anggota perpustakaan. Selain buku tersedia juga koleksi VCD bernuansa pendidikan.

Kurikulum KTSP
Kita menyambut baik kehadiran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (2006). Sebagai kurikulum yang dibingkai dengan otonomi sekolah sebagai lembaga pembelajaran yang khas. MIMHa sebagai lembaga pendidikan dasar dengan ciri khas capaian karakter menyambut KTSP ini sebagai peluang kemandirian untuk mewujudkan visi misi MIMHa dalam proses pembelajaran melalui perumusan kurikulum berbasis karakter Tauhid.

Laporan Perkembangan Anak
Laporan didasarkan pada penilaian anak (harian) dalam rentang satu bulan. Pada pertengahan semester manajer kelas mengevaluasi setiap anak sebagai bahan yang akan dikonsultasikan kepada keluarganya. Hasil konsultasi dipakai sebagai langkah bersama pihak sekolah dan keluaraga untuk melakukan perbaikan kedepan. Laporan Perkembangan Anak (LPA) pada akhir semester menilai anak secara individual, tidak membandingkan satu anak terhadap anak lainnya. Pembandingnya adalah target kompetensi itu sendiri dan pencapaian anak sebelumnya. Dengan demikian di sekolah interaktif tidak dijumpai istilah peringkat/rangking kelas.

Kelas Kecil
Pembelajaran bagi kami adalah proses memelihara potensi anak sebagai individu yang memiliki keunikan dan potensi yang luar biasa ibarat petani yang sedang memlihara tanaman dikebun bunga. Untuk itu bagi kelas bawah seorang manajer kelas dan seorang asisten dengan maksmal 25 anak kami harap bisa mengoptimalkan pelayanan kebutuhan siswa MIMHa dalam pembelajaran.
Hal ini akan berubah ketika mereka mulai memasuki kelas atas (4-6), disaat motivasi kami harapkan sudah tumbuh secara internal, maka pengajaran yang bersifat akademis menjadi titik perhatian karena iu seorang wali kelas dan guru yang tersepesilisasi dalam bidangnya kami harap menjadi upaya optimal dalam tahapan ini.

Kegiatan Evaluasi
Evaluasi bagi kami adalah proses penilaian dan pengukuran terhadap pembelajaran yang MIMHa selenggarakan guna mengevaluasi perubahan setiap aspek setelah pembelajaran melalui bentuk evaluasi yang menyenangkan bagi siswa maka dirancanglah evaluasi yang kami sebut Pekan Lomba untuk kelas 1 dan 2 yang dirancang agar evaluasi dalam kelas bawah terasa sebagai suatu aktivitas yang menyenangkan dan lebih membentuk kepribadian serta motivasi internal anak-anak kami. Pada kelas atas maka Pekan Kreativitas menjadi pilihan bentuk evaluasi, pada pekan ini selain kompetensi akademis maka kompetensi kreativitas dan problem solving serta pemahaman yang holistik (menyeluruh) terhadap suatu objek pembelajaran diharapkan mampu mengurangi kekurangan pendekatan parsial dalam kurikulum.

Tugas Rumah (PR)
Pekerjaan rumah dalam pandangan interaktif adalah proses pembiasaan belajar di rumah sebagai sebuah proses internalisasi anak didik karena kesadaran mereka tentang pentingnya meningkatkan kemampuan diluar sekolah.
Oleh karenanya di MIMHa yang memiliki waktu belajar yang panjang tentu akan sangat memperhatikan sekali efek dari pemberian tugas ini agar tujuan dari PR seperti diuraikan diatas bisa tercapai bukannya berakibat pembebanan yang berlebihan diluar kemampuan anak.
Untuk itu pembiasaan tugas rumah yang dilakukan di MIMHa selalu memperhatikan kondisi psikologis siswa didik, efek motivasi dari tugas, dan waktu beban pengerjaan sehingga tujuan PR sebagai pembiasaan agar tumbuh sikap mandiri siswa secara sadar tentang kebiasaan untuk belajar bisa didapat.

Waktu Belajar
Di MIMHa pembelajaran kami selenggarakan dari senin sampai jumat dari jam 08.00 s.d 15.00kelas 1 sd. kelas 6.

Penggalangan Dana ZIS (Zakat,Infaq,Shodaqoh)
Di MIMHa program penggalangan dana ini di kelola oleh DPP (Dompet Peduli Pendidikan) yang dikelola dan bersumber dari para orang tua dengan berinisiatif menyisihkan zakat wajib dan shodaqohnya untuk menjaga kualitas pendidikan, penggunannya antara lain guna memberikan bea guru, membayarkan SPP siswa MIMHa yang dihimpit kesulitan ekonomi serta siswa yatim piatu dan dhuafa yang dibina oleh Yayasan melalui perintisan kelas bersubsidi sehingga pembelajaran yang baik kami harapkan bisa didapati oleh potensi umat yang lain.


68 thoughts on “MI/SD MIMHa

    Dani hamdani said:
    7 November 2010 pukul 14:52 am11

    Mohon informasinya…

    – Bisa menerima siswa pindahan kelas 2 (untuk tengah semester ini)?
    – Kalau bisa biayanya berapa (jelaskan secara terperinci)?
    – Biaya antar jemput untuk Jl. Kapling Pasir Impun berapa?
    – Biaya catering bulanannya berapa?

    Ditunggu informasinya, terima kasih
    Dani

      Agus Awaludin responded:
      8 November 2010 pukul 14:52 am11

      Bisa saja Pak silahkan datang ke MIMHa Jl. Cikadut 252 bandung. Telp. 7212600
      Biayanya Rp 4.780.000
      Rinciannya:
      IP Rp 3.000.000
      Uang kegiatan Rp. 700.000 (karena tengah semester sptnya ada discoun)
      Seragam 3 stel Rp 380.000
      Pendaftaran dan psikotes Rp 500.000
      spp Rp 200.000

      Katering Rp 6000 (bisa bawa dari rumah)

      jemputan rp 175.000

    Mujibussalim said:
    15 September 2011 pukul 14:52 pm09

    assalamualaikum, Pak Agus, anak2 saya pak nih belum pindah NISN nya, krn memang salah saya tidak melapor lagi ke Mimha tentang dimana telah diterima anak2 kami, sedangkan sekarang sdh rencana mau pindah lagi ke sekolah yang lebih dekat dari tempat tinggal yang terakhir ini, kmd waktu itu validasi di dapodik kata Bandung terjadi gangguan online nya sehingga kami tidak tunggu lagi karena tiket pesawat untuk besoknya telah dibeli, jd kami tak punya validasi NISN dari dapodik kota bandung sedangkan sekolah yang baru mau dimasuki ini minta NISN dan Dapodik Kota Banda Aceh juga minta surat hasil validasi dari dapodik kota Bandung, jd bagaimana ya…Pak caranya?

    (adiv:
    1. NISN: 0002941884 Mawlanasyah Divany Furqan
    http://bandungkota.dapodik.org/cari.php?data=siswa&nama=Mawlanasyah+divany+furqan&tipe=nama

    aliya:
    2. NISN: 0018419613 Aliya Hafiya Halym
    http://bandungkota.dapodik.org/cari.php?data=siswa&nama=aliya+hafiya+halym&tipe=nama

    akram:
    3. NISN: 0031938706 Sulthanul Akram Zulqaharsyah ( nama di Akte Kelahiran : Sulthanul Akram Zulqahharsyah)
    http://bandungkota.dapodik.org/cari.php?data=siswa&nama=sulthanul+akram+zulqaharsyah&tipe=nama

    NPSN : 20219711 MIS MIFTAHUL HUDA Jl. Cikadut No.252 (https://gurubelajar.wordpress.com/tag/cikadut/ ), sekarang posisi sedang di sekolah : MIN MESJID RAYA ( NPSN : 10105479 ) Jl. Taman Makam Pahlawan, Banda Aceh, nanti akram dan Aliya akan pindah ke sekolah MIN RUKOH ( NPSN : 10105477) Jl. Lingkar Kampus Banda Aceh, sedang abangnya kelas 6 yaitu Adiv akan tetap bersekolah di MIN MESJID RAYA ( NPSN : 10105479 )
    maaf saya bertanya lewat jalur ini,,,Pak Agus, wassalam

    ndaweenda said:
    18 November 2011 pukul 14:52 pm11

    assalamualaikum..
    di SD MIMHA apa ada kegiatan bimbingan konseling untuk para siswanya?

      Agus Awaludin responded:
      20 November 2011 pukul 14:52 pm11

      Sementara ini program bakunya belum ada yang sudah ada penanganan anak oleh psikolog sekolah. terima kasih pertanyaannya sangat mengingatkan dan menginspirasi

    ndaweenda said:
    28 November 2011 pukul 14:52 pm11

    Assalamualaikum..
    kebetulan saya tgl 24 November kemarin datang ke SD MIMHA..
    maaf pak sebelumnya ada hal yg lupa saya tanyakan ketika survey ke MIMHA kemarin.
    saya berniat melakukan penelitian untuk skripsi disana, selain surat izin apa ada persyaratan lainnya pak?

      Agus Awaludin responded:
      30 November 2011 pukul 14:52 am11

      Selain surat mohon disertakan proposal penelitian. Jazakillah

    ibuna farras said:
    20 Januari 2012 pukul 14:52 am01

    biaya psb sekarang berapa? anak saya juni nanti 5 th 10 bln, apa sudah bisa masuk sd? untuk jemputan, apa smp daerah peta juga bisa?
    jazakalloh..

      Agus Awaludin responded:
      25 Januari 2012 pukul 14:52 am01

      Biaya PSB sekarang total pendaftaran, psikotes, seragam, KBM, perpustakaan, spp juli dan IP adalah Rp 6. 350.000. jemputan ada, siswa dibawah 6 tahun bergantung tes kematangan kalau belum matang kami lebih menyarankan untuk tidak masuk SD dulu karena memang usianya belum matang. Namun untuk per 25 Januari ini 2 kelas kami sudah Full mungkin sifatnya waiting list.

    Aan Lasmanah said:
    25 Januari 2012 pukul 14:52 pm01

    Assalamualaikum wr wb. Pak, saya sudah baca brosur mimha dr saudara tp pas baca balasan bpk utk ibuna faras apa anak sya bisa diterima d mimha dengan usia yg pas 6 tahun di bln juni?

    anna isprianti said:
    26 Januari 2012 pukul 14:52 am01

    kalau waiting list ada kemungkinan bisa masuk atau tidak?

    Agus Awaludin responded:
    26 Januari 2012 pukul 14:52 am01

    Alhamdulillah hasil musyawarah yayasan kelas ketiga akan dibuka silahkan cepat-cepat saja daftar ke MIMHa insya Alloh semoga lebih bermanfaat

    Dety said:
    24 April 2012 pukul 14:52 pm04

    Ass…. u/ sd masih ada tempat Pak?

    rika said:
    9 Mei 2012 pukul 14:52 am05

    assalamu’alaikum…. apakah untuk calon siswa mi mimha ada tes baca? bagaimana dengan kurikulumnya? apakah sama seperti sd umum? karena saya miris dengan kurikulum mata pelajaran sd umum yang menurut saya bisa membuat stress anak-anak karena terlalu sulit.. lalu mata pelajaran apa saja yang diberikan mi mimha untuk siswa kelas 1-2. jazakallahu…

      Agus Awaludin responded:
      21 Mei 2012 pukul 14:52 am05

      Di MIMHa tidak ada tes masuk kita menerima sesuai kuota kelas saja, hanya diawal kami melakukan tes psikologi untuk mengetahui potensi dan hambatan belajar anak. Untuk mata pelajaran kami fokus pada calistung, semua materi dikemas dalam tema, misalnya tema kereta api, tema koki, wartawan dsb. Mudah-mudahan MIMHa bisa memberi solusi untuk pendidikan yang lebih ramah insyaAllah.

    rika said:
    27 Juli 2012 pukul 14:52 am07

    kalau booking untuk 2 tahun kedepan bisa pa? jazakallahu…..

      Agus Awaludin responded:
      26 Agustus 2012 pukul 14:52 pm08

      Bismillhirrahmaanirrahiim, Ummu untuk yang daftar 2 tahun ke depn belum pernah terjadi di MIMHa. Jazakillah atas kepercayaannya Ummu bisa menghubungi bagian pendaftaran MIMHa

    asep said:
    17 Desember 2012 pukul 14:52 am12

    assalamu alaikum.minta informasi apakah mimha sudah membuka PSB untuk tahun ini,beserta rincian biayanya ?kalau status sekolahnya sudah terakreditasi belum ya ?jazakallah

      Agus Awaludin responded:
      19 Desember 2012 pukul 14:52 am12

      PSB sudah di buka MIMHa kuota tinggal 11 sampai akhir bulan ini biayanya 6,3 jutaan sudah termasuk spp juli dan seragam serta uang KBM. Mulai januari ada kenaikan. MIMHa sudah di Akreditasi dan mendapat akreditasi A.

    ema said:
    16 Januari 2013 pukul 14:52 am01

    apakah ada hapalan surat di MIMHa. Target dan pelaksanaannya seperti apa?

      Agus Awaludin responded:
      28 Januari 2013 pukul 14:52 am01

      Yayasan MIMHa memiliki unit yang membuat program Alquran untuk yang diterapkan dari mulai tingkat RA, MI dan MTs. Programnya untuk di MI setiap pagijam 8.30-09.40 wib membaca quran, menghafal dan mampu menerjemahkan secara lafdiyah untuk Juz 30. Tahun ini insyaAlloh dibuka asrama penghafal quran untuk siswa di MTs Informatika MIMHa.

    Ibu Didi said:
    13 Februari 2013 pukul 14:52 pm02

    Pak, apa masih ada quota untuk SD? anak sy juli ini pas 6 tahun, pindahan dari Belanda, sekarang sy masukkan TK B

      Agus Awaludin responded:
      13 Februari 2013 pukul 14:52 pm02

      Bismillah Bu didi maaf quota untuk tahun ini sudah penuh kelas mohon maaf semoga diberi yang terbaik

    injectable steroids said:
    15 Februari 2013 pukul 14:52 pm02

    Ini benar-benar sepotong keren dan bermanfaat informasi. Saya puas bahwa Anda berbagi informasi ini membantu dengan kami. Harap tetap kita informasi seperti ini. Terima kasih untuk berbagi.

    Leni said:
    18 Maret 2013 pukul 14:52 am03

    asw. apa utk sd msh ada kuota? tkb ada jg kah? (biar sekalian adik kakak )berapa biaya psbnya? jazakalloh..
    mhn d reply ke email jg ya..
    oya.. ktnya ada free trial class ya? kapan?

      Agus Awaludin responded:
      19 Maret 2013 pukul 14:52 am03

      Bu Leni maaf untuk SD sudah penuh tapi TKBnya masih bisa

        leni said:
        20 Maret 2013 pukul 14:52 am03

        wahhhhh… saya baru tau ada sd ini… telat dong…
        mungkin ga ya ada yg mundur??🙂

        Agus Awaludin responded:
        26 Maret 2013 pukul 14:52 am03

        Bu leni afwan saya baru ngabari lagi penerimaan MI untuk kelas ke 3 di buka berdasarka ketetapan Yayasan silahkan sudah ada 10 orang maaf sekali baru dibuka lagi blognya jadi baru di balas

    rika said:
    26 April 2013 pukul 14:52 am04

    assalamu’alaikum…. kalo mau booking untuk masuk MI thn ajaran 2014-2015 bisa g? gmn caranya? jazakallahu…

      Agus Awaludin responded:
      7 Mei 2013 pukul 14:52 am05

      silahkan bu mangga datang aja ke mimha
      atau daftar online di web kemudian bisa sms ke saya untuk minta no rek bank no saya 085 794 816 033

    Hugeng Rahargyo said:
    18 September 2013 pukul 14:52 am09

    Assalamualaikum.. pak Agus, saya mau minta informasi untuk penerimaan siswa baru dari pindahan. apakah untuk anak kelas 3 dan 4 ada kuota kosong? terimakasih

      Agus Awaludin responded:
      22 Oktober 2013 pukul 14:52 am10

      waalaikum salam warahmatullah maaf pak baru saya balas insyaAlloh untuk kelas 3 ada quota satu orang lagi dan untuk kelas 4 ada tiga orang quotanya

    Indri said:
    9 November 2013 pukul 14:52 am11

    Assalamualaikum..apakah masih ada kuota untuk SD tahun ajaran 2014/2015. Berapa biaya pendaftaran dan PSB nya? Apakah ada syarat minimum usia? Terima kasih.

      Agus Awaludin responded:
      11 November 2013 pukul 14:52 am11

      Waalaikum salam warahmah…

      Bunda biaya pendaftaran Rp 500.000 syarata minimum usia 6 tahun bila kurang dan belum matang dalam psikotes kami tidak terima. siswa sekarang sudah tutup tapi kalau persiapan mungkin ada yang mengundurkan diri boleh datang aja untuk di daftar di waiting lis

    Acep said:
    10 Januari 2014 pukul 14:52 am01

    Salam, pak agus tuk SD tahun ajaran 2014/2015 masih ada kuota?

      Agus Awaludin responded:
      10 Januari 2014 pukul 14:52 am01

      Waalaikum salam warahmatullahi wabarokatuh,

      Pak untuk MIMHa saat ini telh penuh untuk kelas ke tiga mohon maaf pak

    Budiman said:
    13 Januari 2014 pukul 14:52 am01

    mohon informasi untuk tahun ajaran 2014-2015 apa masih dibuka,
    kalau umur anak 6 kurang, per bulan agustus gimana, diterima?

    elamaryamah said:
    13 Januari 2014 pukul 14:52 pm01

    Assalamua’laikum.maaf pa agus untuk MI tahun 2014/215 masih ada kuota nggak soalnya saya mau masukkan dua anak kembar saya ke MIMHA langsung bayar cash biaya pendidikannya.terima kasih

    Tri Murni S said:
    20 Januari 2014 pukul 14:52 pm01

    Assalaamu’alaikum. pak, mohon infonya, adala lowongan untuk guru bimbingan dan konseling di MIMHA? jazzakallahkhoironkatsir.

      Agus Awaludin responded:
      21 Januari 2014 pukul 14:52 am01

      waalaikum salam warohmatullahi wabarokatuh

      Bu untuk lamaran bisa dikirim ke bagian HRD Yayasan Fathul Huda Bandung Jl. Cikadut 252

    hilda said:
    28 Januari 2014 pukul 14:52 pm01

    assalamu’alaikum, klo daftar sdit sekarang, telat ya? anak saya pas juli usianya dah
    6,7 tahun,tinggal di cikadut,masih bisa ? waiting list keberapa kah?

      Agus Awaludin responded:
      30 Januari 2014 pukul 14:52 am01

      waalaikum salam warahmatulahi wabarokatuh,
      saya masukan waiting list dulu ya bu waiting list ke 11 bu insyaaloh

    Ade Setiawan said:
    20 April 2014 pukul 14:52 am04

    Pa kalu mau lihat NISN alumni angkatan 2011-2012 dimana?

      Agus Awaludin responded:
      21 April 2014 pukul 14:52 am04

      bismillahirrahmaanirrahiim,
      blog ini belum ada fasilitas itu untuk informasi itu bisa langsung ditanyakan ke bu tati di 7212600

    Noey said:
    16 Juni 2014 pukul 14:52 am06

    Pak Agus, untuk pendaftaran MIMHA apakah sudah ditutup? anak saya usianya di bulan Juli 2014 6,5 tahun. Mohon informasinya dan apabila masih ada kuota. untuk rincian biayanya berapa?

      Agus Awaludin responded:
      16 Juni 2014 pukul 14:52 am06

      masuknya waiting list ummi.punteun silahkan daftar saja lewat telp. 022.721.2600 ke Bu Tati

        eko sulistanto said:
        28 September 2014 pukul 14:52 am09

        mau nanya, ada SMU nya kah?

        Agus Awaludin responded:
        30 September 2014 pukul 14:52 am09

        afwan pak eko SMU/ MA belum ada di MIMHa baru ada RA/TK, MI/SD, MTs/SMP. Mohon doanya kedepan agar lebih bermanfaat

    Kayla Amira Fatiha said:
    30 Juni 2014 pukul 14:52 pm06

    Assallammualaikum,pak anak saya kelas 5 & kelas 2 SD,sebelumnya mereka di SDIT di kota Padang,bisakah anak saya masuk ke MIMHA tab in ajaran baru ini?jika ada ksmptan brp biayanya untuk pindah pak?mohon diberikan informasi segera pak untuk kepindahan sekolah ini,lewat email saya, kayla1.kaf@gmail.com.
    Minta tolong informasinya pak,jazakumullahu

    resti said:
    8 Desember 2014 pukul 14:52 pm12

    Assalamualaikum. Saya mau daftarkan anak saya. Per mei 2016 anak saya pas 6 tahun. Saya mau mendaftarkan untuk tahun ajaran 2016/2017 apakah msh ada kuota? Berapa perkiraan rincian biayaY? Terima kasih

      Agus Awaludin responded:
      10 Desember 2014 pukul 14:52 am12

      bisa bu silahkan kontak bagian pendaftaran di 022.7212600

    Raya said:
    15 Februari 2015 pukul 14:52 pm02

    Assalamualaikum , apakah pendaftaran untuk tahun ajaran 2015/2016 sudah di buka apakah masih ada kuota , anak saya per 1 juli 2015 pas 6 tahun , tapi baca nya blom lancar baik nya daftar nya tahun sekarang apa tahun 2016/2017 , berapa biaya nya ??

      Agus Awaludin responded:
      19 Maret 2015 pukul 14:52 am03

      masih manggga silahkan ditunggu silaturahminya ke mimha

    ratna said:
    8 Maret 2015 pukul 14:52 pm03

    Saya mau masukin anak ke mimha tahun ini ditutup pendaftarannya kapan ya pak…

      Agus Awaludin responded:
      19 Maret 2015 pukul 14:52 am03

      kalau mimha selama masih ada quota kami masih buka bu saat ini kami menerima 4 rombel baru terpenuhi 3 rombel. 1 rombel 26 peserta didik degan 2 guru

    dewi said:
    28 April 2015 pukul 14:52 pm04

    Mau tanya kuota untuk kelas 4 masih ada? kalau jemputan untuk buahbatu ada? Jazakillah

      Agus Awaludin responded:
      13 Mei 2015 pukul 14:52 am05

      Bismillah. Ayah/Bunda Afwan untuk kelas 2 dan 3 serta 4 tahun depan sudah penuh. terimakasih sudah menghubungi kami

    bunsay said:
    9 Mei 2015 pukul 14:52 am05

    aslm..mimha menerima siswa pindaha/tdk? klo utk kls 3 masih ada quota?

      Agus Awaludin responded:
      13 Mei 2015 pukul 14:52 am05

      Bismillah. Ayah/Bunda Afwan untuk kelas 2 dan 3 serta 4 tahun depan sudah penuh. terimakasih sudah menghubungi kami

    Tulus Pramudyo said:
    5 Oktober 2015 pukul 14:52 pm10

    Asswrwb, punten pendaftaran siswa baru utk 2016 apakah sdh dibuka? Anak saya Juni 2016 nt sudah 6 tahun lebih, sekarang sdg di TkB. Syarat2nya apa sj? Hatur nuhun.
    Wsswrwb

      Agus Awaludin responded:
      19 Oktober 2015 pukul 14:52 am10

      Waalaikum slaam warahmatullahi wabarokatuh insyaAllah sudah di buka pendaftaran siswa baru di MIMHa untuk infonya insyaallah disharekan diblog, atau bisa telp. ke panitia PPDB di 022.721.2600

        elvia said:
        19 Oktober 2015 pukul 14:52 am10

        Ass wr wb….Maaf Mau nanya untuk ppdb 2016 sudah di buka pak?syarat serta biaya nya kira2 apa aja Dan berapa terimakasih wassalam

        Agus Awaludin responded:
        19 Oktober 2015 pukul 14:52 am10

        waalaiakum salam wr, wb.
        PPD MIMha Sudah di buka bu insya Alloh untuk detailnya saya sharekan dihalaman blog
        atau bisa ibu hub. langsung panitia PPDB di 7212600

    Beta said:
    25 Juni 2016 pukul 14:52 pm06

    Pak anak saya pindahan dari ciporeat pingin ke sd islam. Kemarin daftar ke min ngk bisa penuh. Kalau ke miftahul huda bisa ngk pak……..berapa biayanya……minta rincianya pak

    Beta said:
    25 Juni 2016 pukul 14:52 pm06

    Pak u biaya pendaftaran nya ada keringanan yang lain ngak. Anak saya pingin sekali sekolah di sd islam tp saya punya keterbatasan ekonomi psk

      Agus Awaludin responded:
      27 Juni 2016 pukul 14:52 am06

      Untuk daftar ke Miftahul Huda tiasa cobi kontak ka no telp 7212600 atau hub pak agus setiawan di 089656292448

    susi susanti said:
    27 Oktober 2016 pukul 14:52 am10

    Assalamualikum, pak untuk ppdb 2017 sudah dibuka kah?
    terus kalau anak sy juli 2017 masih umur 6th 1bulan sudah bisakah masuk SD di mimha? anak sy sudah bica calistung. tks

      Agus Awaludin responded:
      16 November 2016 pukul 14:52 am11

      Waalaikum salam wr wb untuk ppdb sudah mulai bunda bisa daftar ke bagian humas di no wa 085315654914< untuk di MIMHa menerima usia 6 tahun bunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s