MIMHa BOARDING SCHOOL

  1. Pendahuluan

Allah SWT menciptakan manusia dalam keadaan sempurna dengan segala kekurangannya. Kekurangan manusia sejatinya merupakan nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita hambaNya. Segala nikmat yang Allah SWT ini tentu mrupakan jalan kita untuk mensyukurinya. Jalan syukur inilah yang menjadikan kita mnenjadi pribadi yang akan bermanfaat dalam hidup dan kehidupannya. Pada sisi lain jalan syukur ini akan meneghantarkan kita untuk mendapatkan nikmat tambahan sebagaimana yang Allah SWT janjikan “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.” (QS.14:7).

Berangkat dari rasa syukur inilah MIMHa mencoba untuk mengembangkan layanan pendidikan yang telah dilaksanakan selama ini dari level RA/TK hingga MTs/SMP dengan membuka asrama yang akan menjadi pelengkap dan meningkatkan rasa syukur dengan nikmat yang telah Allah SWT berikan sekaligus usaha untuk lebih meningkatkan manfaat MIMHa untuk masyarakat.

Dalam penyelenggaraan pendidikan di Boarding School MIMHa, landasan berfikirnya tertuang dalam moto pendidikan kita yakni cerdas berkarakter. Cerdas mengandung makna mimha memiliki tugas untuk menemukan berbagai kecerdasan yang menjadi keunikan dan kelebihan setiap anak. MIMHa memiliki misi untuk memaksimalkan potensi sekecil apapun dari anak didik yang dititipkan oleh orang tuanya. Sedangkan karakter memiliki makna MIMHa bertugas untuk menanmkan nilai-nilai yang bisa membentuk karakter dari anak didi. Nilai yang kami pilih dalam pengembangan karakter di MIMHa adalah nilai karakter tauhiid yang menjadikan anak didik sebagai hamba dan khalifah Allah SWT di muka bumi.

 

  1. Visi Misi

  1. Visi Misi Umum Bidang Pendidikan YFHB

  1. Visi

Menjadi lembaga penyelenggara pendidikan untuk semua yang  berkualitas dalam pengembangan generasi muslim cerdas berkarakter sebagai rahmatan lil ‘alamin

  1. Misi

  1. Menyelenggarakan berbagai jenjang dan jalur pendidikan yang memperhatikan keragaman peserta didik serta tidak diskriminatif

  2. Menghasilkan peserta didik yang cerdas berkarakter sebagai rahmatan lil alamin dan mampu menghadapi tantangan dan perkembangan zaman

  3. Mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan instrumen penilaian yang berkarakter tauhid dan memperhatikan keragaman peserta didik

  4. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang ramah dan membahagiakan serta berbasis karakter tauhid dan teknologi

  5. Membangun mutu pendidik dan tenaga kependidikan sesuai standar yayasan yang profesional dan uswatun hasanah

  6. Menyediakan sarana dan prasarana memadai sesuai standar nasional yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi

  7. Membangun sistem pengelolaan pendidikan yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi

 

2. Visi Targetan Boarding School MIMHa 2015

  1. Visi

Menjadi lembaga pendidikan yang cerdas dan ramah dan mengoptimalkan beragam kecerdasan

  1. Misi

  1. Mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan instrumen penilaian yang mengoptimalkan beragam kecerdasan

  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang ramah dan mengoptimalkan beragam kecerdasan

  3. Membangun mutu pendidik dan tenaga kependidikan yang ramah dan mengoptimalkan beragam kecerdasan

  4. Menyediakan sarana prasarana yang SALAMAN (Sehat, Aman, Lengkap, Mudah, Nyaman) dan menfasilitasi beragam kecerdasan

  5. Membangun sistem pengelolaan pendidikan yang ramah dan mengoptimalkan beragam kecerdasan

 

  1. Kurikulum

Fokus kurikulum Boarding School MIMHa, adalah :

  1. Hafalan Alquran 30 Juz

  2. Tambahan dasar diniyyah

  3. Membaca kitab

  4. Pencarian, pengarahan dan pengembangan skill sesuai bakat dan minat

  5. Olahraga berupa renang dan futsal

  6. Penguatan kompetensi bahasa dunia

 

  1. SDM

Untuk mencetak pendidikan yang berkualitas ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yakni kurikulum, pengasuhan dan manajemen. Dari ketig aunsur tersebut  baik langsung atau tidak langsung sumber daya manusia merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan. Karena itu Boarding School MIMHa menetapkan kebutuhan SDM sebagai berikut:

  1. Pengajar tahfidz berpengalaman

  2. Pengajar tambahan jika diperlukan

  3. Petugas pembantu

 

  1. Profil Lulusan

  1. Hafal Alquran 30 juz

  2. Diniyyah Dasar

  3. Pengetahuan dasar sesuai minat

  4. Cerdas motorik mampu berenang

  5. Memiliki karakter qurani

  6. Kompetensi Bahasa pergaulan dunia

 

  1. Kegiatan Harian

    Jam

    Kegiatan

    04.00-04.30

    Bangun dan tahajud

    04.30-05.00

    Shalat, dzikir dan olah raga

    05.00-06.30

    Kelas Hafalan Quran

    Evaluasi diri dan sarapan

    06.30-08.00

    Persiapan sekolah di MTs

    08.00-16.00

    Sekolah di MTs MIMHa

    16.00-18.00

    Tea time, istirahat dan PR

    18.00-19.00

    Shalat dan Kelas hafalan

    19.00-19.30

    Shalat dan makan malam

    19.30-20.30

    Kelas hafalan, Evaluasi diri 2, dan kelas Hadits dan adab

    20.30-04.00

    Istirahat tidur

    1. Fasilitas

    1. Ruang belajar bersama

    2. 1 Kamar tidur untuk 4 orang

    3. Tempat tidur lengkap

    4. Lemari pakaian

    5. Meja lipat kecil

    6. Alat makan

    7. Laundry

    8. 3x makan setiap hari

  2. Informasi dan Pendaftaran

Jl. Cikadut 252 Telp. 721. 2600

Cp. Ust Ibnu 081322528756


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s