Ma’had Alikhlash

PENDAHULUAN

 Anak-anak merupakan salah satu fase yang akan dilewati oleh setiap manusia. Fase-fase perkembangan tersebut akan dialami, dari mulai perubahan dan perkembangan fisik, sosial dan kepribadian. Anak-anak memerlukan bimbingan yang benar dalam interaksinya dengan lingkungan, karena anak-anak dalam kehidupannya tidak akan terlepas dari berbagai pengaruh baik di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun sekolah. Pembentukan kepribadian anak yang shaleh dan berkualitas memerlukan kerjasama yang sinergi antara lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat dan ini merupakan tanggung jawab yang harus diemban oleh setiap orang, sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surat At-Tahrim ayat 6 : “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”.

Adanya suatu lembaga pendidikan yang memadukan antara ketinggian akhlaq islam dengan kecerdasan akal pikiran dan eksplorasi seluruh potensi yang dimiliki peserta didik, menjadi suatu keharusan dan merupakan tantangan untuk segenap kaum muslimin.

Ma’had Al-Ikhlash sebagai lembaga dibawah binaan Yayasan Kita Muslim didirikan dan dirancang sebagai salah satu sarana pendidikan alternatif dengan moto “Ma’had Diniyah ‘n Life Skill Boarding School” yang terdiri dari pendidikan usia dini (TP/ TK Al-Quran),Madrasah Ibtidaiyyah (MI) pendidikan Menengah Pertama (Wasith) dan Pendidikan Menengah Atas (Ally), yang memadukan unsur-unsur pendidikan umum, diniyah dan lifeskill.

 

LANDASAN

  1. Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (Al-Baqarah 2 : 195)
  2. “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan Perkataan yang benar.” (Q.S. An-Nisa 9)
  3. HR. Ibnu Majah, yang artinya: “Ajarilah anak-anakmu dengan pendidikan yang baik”      

 

TUJUAN

  • Menyelenggarakan pendidikan keislaman yang utuh dengan pendekatan pengelolaan pendidikan rahmatan li’alamin
  • Membangun pendidikan berbasis islam yang berkualitas namun terjangkau oleh seluruh elemen umat melalui pengsinergian seluruh potensi umat
  • Meberikan bekal kemampuan dasar tentang pengetahuan agama islam dan pengamalannya sesuai dengan tingkat perkembangannya serta mempersiapkan pribadi muslim yang mempunyai kecerdasan dzikir dan pikir
  • Mempersiapkan generasi muslim yang mempunyai keterampilan hidup dan berakhlaq mulia yang dilandasi dengan aqidah yang benar

 

PROGRAM PENDIDIKAN

 KB-TK Kreatif Al-Ikhlash: merupakan pendidikan usia dini yang melayani pendidikan untuk anak-anak pra sekolah

Madrasah Ibtidai: Merupakan program setingkat sekolah dasar dengan pendekatan yang mengoptimalkan tumbuh kembang anak

Pendidikan Menengah Pertama : merupakan program Pendidikan setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)berasrama dengan ujian Negara pada akhir pembelajaran (tahun ke-tiga)

Pendidikan Menengah Atas: merupakan program pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) berasrama dengan ujian Negara pada akhir pembelajaran (tahun ke-tiga)

KURIKULUM

Kurikulum Ma’had Al-Ikhlash merupakan perpaduan antara kurikulum sekolah intern, yang terdiri dari diniyah dan lifeskill serta kurikulum nasional pada tingkat TK-MI-Persamaan SMP dan SMA yang diwujudkan dalam berbagai mata pelajaran sebagai berikut:

1. Al-Quran (Tahsin, Tahfizh, Tafsir)

2. Bahasa ( Arab, Indonesia, Inggris)

3. Aqidah, Akhlaq, fiqih

4. Matematika

5. IPA

6. IPS

7. Lifeskill (Menjahit, Kraff, Komputer) dll.

FASILITAS BELAJAR

A. Masjid

B. Ruang Belajar

C. Kamar mandi dan WC

D. Asrama ikhwan dan Akhwat

PEMBIAYAAN

Sumber pembiayaan di peroleh dari sumber:

  1. Uang Makan (sesuai kemampuan)
  2. Donatur
  3. Wakaf
  4. Sumber dana halal lainnya

Pengajar

Lulusan ITB, UPI, UNPAD, UNS, Mahad Al Abrar Solo dan Alumni Ma’had Alikhlash

Keunggulan
Mendapatkan materi tafsir Alquran 30 Juz
Menguasai Kitab Bulughul Maram
Menguasai Kitab Riyadlushshalihin
Mampu membaca kitab Bahasa Arab
Tahsin dan Tahfidz Quran
Memahami penggunaan komputer

Informasi dan Pendaftaran

Ma’had Alikhlash

Jl. Pasir Impun Barat No. 122

RT 04 RW 07  Bandung 40194

HP. 085-794-816-033

 

PENUTUP

Demikian Informasi ma’had ini kami sampaikan, semoga menjadi jalan amal saleh untuk kita semua.

Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (Al-Baqarah 2 : 195)

Direktur Ma’had Alikhlash

Agus Awaludin, S.Pd


10 thoughts on “Ma’had Alikhlash

    Iskandar Dzulqarnain said:
    3 Juni 2011 pukul 14:52 am06

    Asslam wr wb…Ust ana punya sepupu lulusan SMPI Qurrata’ayun Garut.
    ana sangat ingin dia itu melanjutkan sekolah yang berbasis pesantren ada Tahfidz Qur’annya…tapi orang tuanya g mampu membiayai sekolah yang mahal2. apa di Al Ikhlas bisa menerima santri yang kurang mampu..? syukron

      Agus Awaludin responded:
      8 Juni 2011 pukul 14:52 am06

      waalikum salam warahmatullah wabarakatuh… alhamdulillah semoga mahad alikhlash bisa jadi jalan silahkan hub. 022.91344603, kami harus sampaikan fokus mahad sebenarnya di pemahaman qurannya tapi pembimbing tahfidnya alumni dari pakistan

    daud muttaqin said:
    12 Februari 2012 pukul 14:52 am02

    Assalamua’laikum…
    Ustadz kaka ana pernah dengar dr radio ttg pesantren ini dan dia sangat tertarik ingin memasukan kedua puterinya ke pesantren namun karena mereka itu anak yatim jadi ibunya kurang mampu untuk membiayai sekolah apakah pesantren alikhlas ini bisa membantu…?jazaakallohu khoiro

    Agus Awaludin responded:
    13 Februari 2012 pukul 14:52 am02

    InsyaAlloh silahkan saja semoga Allah SWT memudahkan urusan kita semua, bisa berkunjung dulu ke pondok untuk melihat-lihat pondok terbuka untuk siapa saja yang bersungguh-sungguh mau belajar insyaAllah.

    Muhammad Rival Musadad said:
    12 Juni 2013 pukul 14:52 am06

    saya lulusan smp hikmah teladan, saya bersungguh ingin melanjutkan belajar, tapi pada saat ini kondisi ekonomi orang tua saya tidak memungkinkan untuk melajutkan ke sekolah yang membutuhkan biaya lebih banyak, kiranya saya dapt di terima di pesantren mahad al-ihlas ini. dan saya bersungguh ingin menjadi penghapal al-quran, sebagai cita” saya dan ingin membahagiakan kedua orang tua saya.

      Agus Awaludin responded:
      18 Juni 2013 pukul 14:52 am06

      Ananda Rivan boleh silaturahmi ke mahad alikhlash tempat kami di Jl. pasir Impun Barat No. 122 Bandung depan Lapas Sukamiskin kalau dari cimahi keterinal ci caheum dulu baru naik angkot arah ke cileunyisekitar ongkosnya Rp 1500 turun depan LP jangan lewat borma pasir impun. jalan masuknya diapit toko rotan dan percetakan.

    JUNDI said:
    1 Agustus 2013 pukul 14:52 am08

    ASSALAMUA’LAIKUM WR WB MAS AGUS MA’HAD AL IKHLAS TAK ADA WEB NYA YA SAYA KESULITAN INFONYA
    SAYA JUNDI DARI SEMARANG SAYA PUNYA 2 ADIK PEREMPUAN USIA 4 TH NAMUN BELUM BISA MENYEKOLAHKANNYA KARNA BIAYA APA ADIK SAYA BISA SEKOLAH DISINI.SYUKRON

      Agus Awaludin responded:
      16 September 2013 pukul 14:52 am09

      belum ada mas saya tulisken semua info mahad di blog ini

    hanif said:
    27 Agustus 2015 pukul 14:52 pm08

    Assammu’alaikum, apakah dapat daftar? Saya sekarang sma, saya ingin pindah. Saya lahir dari keluarga tak mampu, terima kasih sebelumnnya asatidz-asatidzah.

      Agus Awaludin responded:
      11 September 2015 pukul 14:52 am09

      Waalaikum salam, Afwan untuk tahun ini tidak membuka kelas baru karena sudah penuh. Untuk santri baru syarat masuk awal usia smp/mts. nuhun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s