SOP BERBASIS KARAKTER TAUHID

Posted on

www.gurubelajar.wordpress.com

 

“Jangan saling memudorotkan” (Alhadits)

 

Santun dalam karakter Tauhiid

karakter tauhid yang di susun di MIMHa sejatinya merupakan tata nilai agar menjadikan amal yang kita kerjakan sebagai amal saleh. Karena tuntutan dari tauhid itu sendiri adalah menjadikan Allah sebagai Illah satu-satunya tanpa sekutu, kemudian konsekuensi turunannya adalah bagaimana menjadikan hdup ini dalam rangka mngabdi dengan ikhlah kepada Allah SWT.

Dari lima karakter tauhid yakni Ikhlash, Jujur, Adil, tanggung jawab dan santun. Dalam penerapannya pada Standar prosedur Kerja sekolah karakter santun menjadi dasar bertindak agar masing-ming bagian dalam sekolah tidak mengurangi kewajibannya kepada orang lain sehingga tidak menimbulkan kedzoliman anatar satu bagian dan bagian yang lain.

Dengan dasar berfikir ini turunanya bisa di susun SOP penggajian, SOP cuti, SOP penanganan anak dan sebagainya.

 

SOP berkarakter Tauhid

Dengan menjadikan karakter tauhid sebagai landasan berfikir dalam setiap aktivitas ini lah yang menjadi citat-cita dari penyusunan karakter tauhid di MIMHa. Menjadikan karakter Tauhid sebagai landasan dalam beraktivitas pengelolaan sekolah  merupakan ikhtiar untuk menjadikan amal kita menjadi amal yang bermakna untuk dunia dan bernilai untuk akhirat.

 

Muqaddimah

Niat adalah merupakan hal yang membedakan kebermaknaan dalam amal, itulah mengapa banyak ulama yang menjadikan niat sebagai rukun dalam amal. Semoga Allah SWT selalu menjaga semua niatan amal dan mengingatkan bila ada niatan yang tidak ikhlash kepadaNya. wallahu a’lam bishshawab

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s