MASALAHMU ATAU MASALAHKU

Posted on

www.gurubelajar.wordpress.com

 

“Kalian adalah umat terbaik yang diturunkan kepada manusia, yang menyeru kepada hal ma’ruf dan mencegah dari kemunkaran serta beriman kepada Alloh” . Aquran

”Katakanlah yang Haq walaupun pahit kau rasakan”. nasihat

 

Kesadaran akan masalah

Keinginan yang tidak sesuai dengan kenyataan merupakan salah satu definisi yang dikatakan dengan masalah. Artinya semakin banyak keinginan kita yang tidak bisa tercapai karena kenyataan yang ada maka akan semakin banyak masalah yang akan kita hadapi.

Untuk menuntaskan masalah banyak nasihat yang pernah kita dapatkan ketika menghadapi masalah, salah satunya adalah melalui pendekatan mendamaikan antara keinginan dengan kenyataan yang ada. Misalnya kita memiliki masalah pendapatan yang terbatas dengan biaya pendidikan yang terus naik, maka salah satu solusi pendekatanya adalah mengkondisikan kemampuan dengan budget sekolah yang sesuai dengan kantong kita.

selanjutnya salah satu prasyarat dalam menyelesaikan masalah kita yang penting adalah memetakan apakan masalah itu memang area masalah kita atau bukan. Karena adakalanya itu masalah orang lain tapi kita tidak terasa memasukan diri kita dalam masalahnya tanpa dengan kesadaran.

 

Masalahmu atau masalahku

Mengetahui area masalah menjadikan kita bisa dengan bijak menyelesaikan masalah, disisi lain agar pihak yang benar-benar bermasalah jangan sampai membebani orang yang tidak bermasalah. Bagi lingkungan sekolah harus bisa memetakan ini masalah sekolah secara umum, masalaah pribadi guru, masalah dari orang tua atau  anak didik, sehingga akan jelas siapa yang harus mencari solusi sebenarnya.

Adapun bila kita membantu masalah orang lain kita harus tahu betul  duduk perkara masalahnya, resiko membantu dan kapasitas serta kapabilitas kita untuk membantu. boleh jadi orang  harus dibiarkan untuk mencari solusi masalahnya sendiri dengan membantu memetakannya tanpa harus dibantu ide solusinya sebagai bagian dari membantu masalahnya. wallahu ‘alam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s