LANDASAN INOVASI PENDIDIKAN

Posted on Updated on

http://www.gurubelajar.wordpress.com

Fungsi Inovasi

Berbicara tentang landasan berinovasi bagi sekolah memiliki dua kepentingan pertama sebagai sarana menjaga eksistensi sekolah tersebut dan kedua sebagai sarana memberi manfaat atas keberadaannya. Kepentingan pertama dari inovasi berkaitan erat dengan fungsi sekolah untuk menjaga keberlangsungan organisasi sekolah ditinjau dari sisi ekonomi, ketahanan, persaingan dan keberadaannnya kedepan dengan inovasi kepentingan ini diharapkan dapat terpenuhi. Kepentingan kedua merupakan sisi idealisme keberadaan sekolah sehingga memiliki umur panjang tanpa batas artinya keberadaan inovasi diharapkan menjadikan sekolah sebagai tempat yang kemanfaatannya terasa sepanjang zaman.

Landasan Inovasi Pendidikan

Memperhatikan fungsi inovasi diatas penulis memiliki pandangan setidaknya ada dua hal yang menjadi landasan  ketika pilihan inovasi dilakukan:

1. Landasan memberikan manfaat optimal

Sebagai bisnis kepercayaan dan pelayanan sekolah perlu berfikir bagaimana memberikan manfaat optimal melalui berbagai layanan yang diciptakan sekolah. Sekolah bisa mengadopsi semangat one stop service dengan kata lain keberadaan sekolah bisa memberikan layanan multivarian sehingga pelanggan merasa banyak pilihan dan banyak layanan dan muncul banyak kemudahan dengan semangat permudah dan tidak menyulitkan.

2. Kalau bukan yang terbaik maka yang pertama

Semangat mengawali ini sebenarnya dilandasi dari semangat menunjuki kebaikan dan semangat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. namun dari sisi ilmu marketing semangat menjadi perintis awal menjadikan pelakunya sebagai pembangun tren dan pemimpin pasar.

Namun sejatinya apapun inovasi yang kita lakukan maka landasan paling dasar adalah semua usaha itu merupakan sarana optimal kita dari para pengelola sekolah untuk mengabdi Kepada Rab yang memberikan kita kesempatan dan nikmat sebagai pendidik dan ini adalah sebaik-baik landasan. wallahu a’lam bishshwab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s