MENSUCIKAN SESUCI-SUCINYA

Posted on

http://www.gurubelajar.wordpress.com

“…Menghendaki Alloh untuk menghilangkan dari kalian kekotoran wahai ahlul Bait dan mensucikan kalian sesuci-sucinya (Alahzab, 33)”

Inspirasi Dari Ahlul Bait

Dalam surat AlAhzab ayat 28-33 Alloh SWT mendidik para istri Nabi yang eksplisit Alloh sebut sebagai Ahlul Bait Nabi. Di ayat 28 dan 29 Kita bisa mengambil banyak pelajaran mengenai pondasi sebuah keluarga yang dibangun oleh Iman dan harapan balasan akhirat. keluarga yang ideologinya adalah keinginan akan kebaikan akhirat, sehingga fokus amal mereka adalah bagaimana agar amal bisa bernilai bagi akhirat.

2 ayat ini saya pikir bisa menjadi benteng dari kondisi materialisme yang kadang menjadi penentu keharmonisan keluarga. Inilah keluarga SAMARA yang dibangun dan ditujukan untuk kebahagiaan di akhirat.

Ayat 30-31 memberi kita pelajaran seorang istri ataupun suami harus ingat tanggung jawabnya dalam mengemban amanah keluarga. Semakin kita menjadi teladan maka semakin besar resiko kesalahan yang kita lakukan begitu juga apabila kita menjadi contoh kebaikan. Itu semua karena kita adalah contoh hidup untuk orang di sekitar kita.

Ayat 32 hingga 33 merupakan pelengkap dari pondasi berupa akhlak  apa yang perlu di miliki seorang istri nNabi yang kesemua aturan itu Alloh tetapkan dalam rangka menjadi para istri Nabi ini menjadi wanita yang sesuci-sucinya.

 

Jadikan Anak Kita Calon Ayah dan Bunda Terbaik

Pendidikan untuk istri Nabi ini tentu baik bagi kita para suami yang menginginkan pasangan hidupnya sebagai wanita yang sesuci-sucinya (tentu beda dengan istri Nabi), artinya para suami yang bertekd menjadi jalan syurga untuk istrinya akan memperhatikan bagaimana dia dapat menjadikan istrinya seperti dalam surat Alahzab ini. Bagi kita yang memiliki putra-putri ayat ini tentu menjadi semangat agar putra-putri ita dapat berperan untuk menjadi istri yang terbaik dan suami terbaik yang menghantarkan istrinya di tempat yang terbaik. Karena profesi apapun mereka nantinya peran sebagai ayah atau ibu adalah peran terbaik yang harus mereka sanggup memikulnya.

 

 

Do’a Kami Untukmu Nak

Rabbana Hablana min azwajina wa durriyatina qurrata a’yun wajalna lilmuttaqiina Imaama.  Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s