Saatnya Menjadi Orang Tua

Posted on Updated on

Wahai orang-orang yang beriman jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka. Alquran


Menjadi Orang Tua

Menjadi orang tua hanya karena memiliki anak adalah bukan ukuran otomatis, karena ‘maaf’ binatangpun punya anak dan menjadikan mereka disebut sebagai induk. Memiliki anak sejatinya merupakan awal dari saat mempraktekan diri menjadi orang tua dimana sebelumnya kita harus melalui berbagai tahapan promosi dari menjadi posisi anak, kemudian menjadi orang dewasa, selanjutnya memilih pasangan dan menikah. kesemua tahapan itu merupakan bagian dari tahapan kita agar layak dipromosikan dengan nama jabatan orang tua. Menjadi orang tua memerlukan banyak kompetensi sehingga sang pengurus alam semesta mendidik kita untuk mengalami dulu diurus oleh yang namanya orang tua sebelum kita menjadi orang tua seperti mereka. Satu hal yang saya temukan ketika menjadi orang tua adalah siap untuk dituakan dan bertanggung jawab dengan anggotas keluarga yang harus kita urus kareana posisi kita sebagai orang tua. Setidaknya dalam renungan saya orang tua memiliki sifat berani, melindungi, menenangkan, tidak merengek, dan siap untuk mengambil resiko bertanggung jawab. Hal yang paling berkesan dari kesemuanya sebagai orang tua adalah saat kita harus menjadi penanggung jawab dan bukan yang ditanggung jawabi karena menjadi pribadi yang bertanggung jawab itu ternya lebih mulya daripada mereka yang ditanggungjawabi.

Kewajiban Orang Tua
Sebagai orang tua dirumah ada beberapa kewajiban yang menjadi catatan kita agar kita bisa mempertanggung jawabkan promosi ini. Pertama, adalah tanggung jawab fisik terhadap orang yang kita urus dari mulai sandang dan pangannya. Kedua, tanggung jawab pendidikan dan kepemimpinan. ketiga, tanggung jawab menghargai orang yang kita urus. dan keempat, tanggung jawab untuk memberikan perlindungan.

Nashrullah
Saat yang paling berat saat menjadi orang tua adalah saat sadar bahwa kita adalah orang tua. Betapa besar dan mulyanya posisi itu. Energi kita dan kapasitas kita butuh besar ketika menjadi orang tua. Pertolongan dan petunjuk dari yang Maha menolong dan menunjuki mutlak kita dambakan. Akhirnya semoga Alloh tidak membebani kepada kita amanah yang tidak kita sanggup memikulnya. Rabb…Ampunilah kami, rahmatilah kami dan tolonglah kami menjadi orang tua. aamiin.

One thought on “Saatnya Menjadi Orang Tua

    Amedar said:
    15 Januari 2013 pukul 14:52 pm01

    I like the helpful info you provide in your articles. I’ll bookmark your weblog and check again here frequently. I’m quite certain I will learn many new stuff right here! Good luck for the next!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s