PILAR PEMBELAJARAN MIMHa

Posted on

http://www.gurubelajar.wordpress.com

Wahai orang yang beriman jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka.” Alquraan

Dalam mewujudkan sekolah yang membahagiakan waktu dan ilmu telah memberi kami banyak pelajaran. Tersusunlah sebuah konsep pembelajaran sekolah membahagiakan yang merupakan integral dari pola asuh, pola pembelajaran, pola didik dan pola penanaman nilai yang kami rangkai dalam konsep 4M, yakni :

a. Menyenangkan
b. Mengasyikan
c. Mencerdaskan dan
d. Menguatkan karakter

Menyenangkan, anak menyangkut pola asuh islami yang seimbang antara kasih sayang dengan kedisiplinan, dalam hal ini penerimaan seluruh warga sekolah baik itu murid, guru, manajemen sekolah, penjaga sekolah dan orang tua merupakann modal sekolah sebagai tempat yang menyenangkan sehingga anak kecil kemungkinan tidak mengalami luka secara psikologis karena semua pihak dalam sekolah menjadi pihak yang ramah terhadap perkembangan psikologis anak. Mengasyikan, menjadikan anak terlibat dalam proses pembelajaran merasa terlibat dalam proses belajar karena apa yang mereka pelajari adalah sesuatu yang bisa mereka lakukan dan langsung merubah prilaku mereka inilah pembelajaran yang sesuai dengan konteks lingkungan, anak tidak melangit tanpa anak tahu hakikat dan apa yang harus mereka lakukan setelah belajar usai. Mencerdaskan, tidak ada kata bodoh pada sekolah ini yang terbangun adalah sekolah yang berpandangan seperti Nabi Khadir saat berkata kepada Musa : “wahai Musa aku mengetahui apa yang tidak engkau ketahui dan engkau Musa mengetahui apa yang tidak aku ketahui”,
Subhanallah tidak ada lagi anak yang tidak menerima dengan potensi dan keberadaan dirinya anak-anak dalam lingkungan seperti ini menjadi anak yang bersyukur dan bahagia dengan apa yang Allah berikan kepada mereka. Menguatkan karakter, salah satu hal yang perlu kita akui adalah bangsa ini tidak kurang ribuan sarjana tercetak setiap tahunnya dinegeri ini tapi lihat bagaiama karakter bangsa ini, tidak terlihat lagi sebagai bangsa yang bernilai hal ini terjadi karena terjebak dengan sistem pendidikan yang hanya menekankan aspek kognitif semata, dimanakah pengajaran karakter bangsa kita yang ramah, jujur, tanggung jawab, penuh senyum bisa kita wariskan untuk anak-anak penerus bangsa ini padahal hal inilah yang akan membentuk karakter bangsa kita.
Betul bahwa aspek kognitif adalah sesuatu yang penting bagi aspek pendidikan kita tapi manusia sebagai objek pendidikan tidak hanya diwakili oleh kognitifnya tapi juga afektif dan motoriknya maka penting bagi kita melihat manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang utuh dengan berbagai aspeknya sehingga pendidikan mampu melayani dan mengoptimalkan semua potensi tersebut melalui pendidikan yang tidak hanya berorientasi angka tapi juga pembentukan hatinya.

BEKALAN YANG KAMI USUNG
“ Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan Akhlaq”. (Alhadits)

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang kami gunakan adalah “Kurikulum Holistik Berbasis Karakter Tauhid” yakni kurikulum utuh guna mengoptimalkan aspek akademik dan karakternya. Kurikulum yang berbasis pada penyiapan peserta didik untuk menghadapi masa depannya, melalui tema-tema yang dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak dengan pendekatan pembelajaran berpusat pada anak serta problem solving sebagai salah satu jalan untuk menjadikan anak sebagai pembelajar sejati.
Kurikulum ini ditujukan untuk membentuk kualitas karakter yang mencirikan seorang pembelajar sejati (lifelong learner) yang mandiri, yakni:
1. Selalu ingin tahu dan bertanya (inquirer)
2. Berpikir kritis dan kreatif (critical and creative thinkers)
3. Berpengetahuan luas (knowledgeable)
4. Komunikator yang efektif (effective communicator)
5. Berani mengambil resiko (risk taker)

Karenanya secara umum bekalan materi yang kami berikan kepada peserta adalah :
1. Diniyyah sebagai basis nilai
2. Kurikulum diknas dengan pendekatan problem solving
3. Karakter Tauhiid
4. Life skill
5. Multiple intelegence

One thought on “PILAR PEMBELAJARAN MIMHa

    wholesale nfl jerseys'blog said:
    1 Desember 2012 pukul 14:52 am12

    Nice post. I used to be checking continuously this weblog and I’m impressed! Extremely helpful information particularly the last section🙂 I maintain such info much. I used to be seeking this certain info for a lengthy time}. Thanks and good luck.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s