BUKAN SEKEDAR SEKOLAH

Posted on

http://www.gurubelajar.wordpress.com

Wahai orang-orang yng beriman jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka..Al Aayaah

Sekolah, Pesantren dan Rumah
Berbicara tentang pendidikan kita akan bertemu dengan tiga tempat yang terlibat dalam pendidikan yakni sekolah, pesantren dan rumah. Ketiga wadah pendidikan ini memiliki konsep sendiri dalam persepsi kita. Sekolah saat ini lebih dipandang bersifat pendidikan yang menekankanpa da aspek keahlian dunia dan sangat sedikit membekali aspek kesolehan sehingga tidak aneh bila ada yang melihat lembaga sekolah sebagai lembaga pewarisan sekulerisasi. Berbicara pesantren maka persepsi kita akan terbayang sebuah lembaga pendidikan yang mewariskan agama namun sangat sedikit membekali keterampilan teknis sehingga jangan aneh bila ada yang melihat pesantren sebagai lembaga pendidikan yang menjadikansisw anya kurang kompetitif dalam masalah teknis keduniaan. Melihat rumah kita akan berfikir sebagai wadah awal dan pemegang kebijakan kemana pendidikan generasi berikutnya akan diarahkan oleh orang tuanya.
Melihat persepsi ini maka ketiganya disekat oleh peran sekolah memiliki peran pewarisan aspek intelektual dn teknis dunia, pesantren ber peran dalam pewarisan agama dan rumah berperan dalam memutuskan pewarisan apa yang akan diberikan.

Bukan Sekedar Sekolah
Posisi madrasah saat ini merupakan titik pertemuan antara sekolah dan pesantren dimana rumah menginginkan anaknya memiliki pewarisan agama dan pewarisan keahlian teknis dunia. Dua peran ini tentu akan membuat madrasah memerlukan ekstra energi agar kompromi tujuan pendidikan ini bisa terlayani. Disinilah Madrasah memiliki keunggulan dan nilai strategis sekaligus memerlukan energi yang besar pada zaman sekarang ini dan mungkin kedepan. Namun bila madrasah mampu memainkan posisinya maka prosisi Madrasah akan menjadi pilihan dari berbagai pilihan dalam melayani tujuan pewarisan dari lembaga pendidikan yang disebut rumah. Semoga peluang ini menjadi tantangan dan eluang yang dikelola oleh para pengelola madrasah sehingga lembaga madrasah bukan sekedar sekolah tetapi memiliki banyak manfaat kepada sebanyak mungkin manusia disekitarnya. Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s