MENIKMATI KURIKULUM

Posted on

www. gurubelajar.wordpress.com

Sungguh Jika kalian bersyukur pasiti akan ditambah bagi kalian…(Alayah)

Ganti Mentri Ganti Kurikulum

Kurikulum sejatinya merupakan jawaban dari masalah dilapangan untuk mengurangi gap antara keinginan yang diwujudkan dalam tujuan dan kenyataan dilapangan. karena itu sangat mungkin ketika seorang mentri dilantik dan dalam pandangannya ada kesenjangan antara kenyataan dan harapan maka dia akan mengganti kurikulum. Bahkan kalau ada mentri dan dia tidak melakukan perbaikan mengenai kurikulum yang berlaku bisa dipertanyanyakan apa kerjanya sebagai mentri.

Evaluasi Kurikulum

Bidang ini mungkin masih belum populer di negara kita, yakni bidang evaluasi kurikulum, padahal dalam penyusunan KTSP bagian evaluasi ini harus dilakukan baik itu oleh evaluator internal ataupun eksternal. Pada beberapa negara yang sangat memperhatikan akuntabilitas anggarannya evaluasi merupakan hal yang mutlak harus ada untuk mempertanggungjawabkan setiap sen dana yang dipakai dalam pelaksanaan pendidikan baik yang didapat dari sumber orang tua atau negara.

Evaluasi kurikulum adalah hal yang bisa menjadi jalan tengah anatar pihak yang mengkritisi adanya perubahan kurikulum dan pihak yang memiliki kewenangan mengubah kurikulum, dimana kurikulum mestinya tidak dirubah tanpa ada pengkajian yang serius dan tuntas serta solusi indah berkaitan masalah kurikulum, sehingga pergantian tidak dilakukan semena-mena tanpa terlihat dasar yang kuat. Ataupun pihak status quo kurikulum karena sudah merasa enak dengan apa yang ada.

Menikmati Kurikulum

Bagian ini yang perlu kita coba sepertinya, yakni bagaimana kita mampu menikmati kurikulum sebagai sebuah disiplin ilmu yang membutuhkan tenaga yang ahli dibidangnya untuk mengembangkan dan merekayasanya (development and engeneering curricullum) bidang yang terlihat dimudah-mudahkan padahal kurikulum merupakan jantung pendidikan padahal disanalah kita mendesain dan merekayasa profil manusia Indonesia ke depan. kerusakan pada bidang kurikulum ini akan berdampak rusaknya generasi kita kedepan. Betul kata Nabi bila urusan diserahkan bukan pada ahlinya maka tunggu kehancurannya. Semoga sekolah kita dapat mendesain dan merekayasa kurikulum yang akan memunculkan generasi khairu ummah yang Allah ridlo kepada mereka dan mereka ridlo kepadaNYa. wallahu alam.

One thought on “MENIKMATI KURIKULUM

    yudiherdiyansyah said:
    3 Oktober 2012 pukul 14:52 am10

    Lanjutkan dan teruslah beramal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s