DICARI “TUKANG BANGUNAN” DI SEKOLAH

Posted on Updated on

http://www.gurubelajar.wordpress.com

‘Maka demi Tuhanmu, Kami pasti akan menanyai mereka semua, tentang apa yang telah mereka kerjakan dahulu.’ [15:92-93]. Dan ayat yang lain: ‘Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya,’ [74:38].

Guruku tahu yang dilakukannya

Saat menulis tulisan ini saya dibakar oleh semangat, bahwa terkadang sebagai pendidik kita disibukan untuk mengajarkan kompetensi dasar dan standar kompetensi dalam kurikulum tapi kita tidak tahu profil seperti apa yang ingin dibangun dengan kompetensi yang kita ajarkan saat ini.

Apakah mereka akan menjadi makhluk yang taat pada penciptaNya ataukah mereka akan menjadi makhluk yang suka berbuat kerusakan. kalau kita tidak tahu profil anak didik kita kedepan maka sebagai guru kita hanyalah alat dan boneka dari kekuatan yang mendesain profil pendidikan seperti apa yang akan dihasilkan. Bila pendesain itu baik maka mungkin anak kita baik tapi kalau pendesain itu buruk maka anak kita itu menjadi buruk, namun masalahnya itu adalah spekulasi bisa baik atau buruk, celakanya dihari pertanggung jawaban nanti kita tidak bisa beralasan tidak tahu, karena semuanya ada pertanggung jawabannya.

Dengan logika itu mestinya sebagai guru kita perlu tahu dan idealnya berani mendesain profil anak didik yang akan diwujudkan dengan kompetensi yang kita berikan. karena apapun yang kita lakukan akan kita pertanggung jawabkan.

Guru dan bangunan masa depan

Sebagai pendidik kita sejatinya adalah para arsitek peradaban. karena anak didik yang kita didik sekarang akan hidup di zaman kedepan. Posisi kita sangat strategis untuk mmbangun peradabn yang akan kita bangun. Guru adalah tukang bangunan maka saat ini sekolah perlu mencari “tukang bangunan” untuk membangun generasi terbaik yang kita dambakan sebagai rahmat untuk seluruh alam. wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s