Jangan Takut Salah, takutlah Dosa

Posted on

http://www.gurubelajar.wordpress.

 

Wahai rab jangan kau adzab kami karana keterlupaan kami dan kesalahan kami. Alquran

 

Belajar dari kesalahan 

kekurangan, keterlupaan, ketidak sempurnaan adalah bagian yang tidak dipisahkan dari manusia walapun bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan yang terbaik. Sebagai pendidik atau lembaga pendidikan kurang dan ketidak sempurnaan merupakan sesuatu yang tidak perlu menjadi alasan untuk tidak mau berbuat selama kita berniat untuk sungguh dan berusaha meminimalkan hal itu terjadi dan bila kesalahan itu terjadi maka segeralah perbaiki dan jangan jadi berat hati mengakui kalau kita salah. 

Dengan pernah berbuat salah kita menjadi tahu mana yang tepat kita lakukan  pada saat kondisi dan waktu itu, yang sejatinya bersifat relatif dan kadang tidak bisa di generalisir ketepatannya. Disatu waktu cara mengajar dan berprilaku pada siswa mungkin tepat tapi pada waktu dan siswa yang lain mungkin bisa salah, tapi dengan niat yang benar dan cara sungguh-sungguh semoga kesalahan itu segera bisa kita perbaiki. 

Takutlah Bila Berbuat Dosa

Sebagai seorang guru atau pengelola pendidikan takutlah kita bila kita berbuat dosa yakni saat kita melanggar syariat dan aturan Rab , karena ini terjadi karena kita tidak memahami tuntutan Tuhan atau karena kita lebih memilih hawa nafsu dari pada kebenaran. maka menjadi salah satu kewajiban yang penting bagi pendidik adalah mengetahui mana prilaku yang menyebabkan dosa dan mana prilaku yang menyebabkan salah. Keduanya selama di dunia bisa kita perbaiki dengan kembali pada kebenaran dan jalur yang tepat. wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s