KU TAHU YANG KUMAU

Posted on Updated on

Dan akhirat itu lebih baik dan lebih kekal.( Alquran)

Berkaca dari kisah Alice

Alkisah dalam mimpinya Alice dihadapkan pada suatu persimpangan jalan, saat itu ia pun bertanya pada seekor kelinci yang ada di persimpangan jalan tersebut manakah jalan yang harus dia pilih, kelinci itu malah balik bertanya kemanakah tujuan sang gadis cilik, Alice pun menjawab bahwa dia tidak tahu mau pergi kemana, sang kelinci itu pun kembali menjawab kalau begitu jalan manapun bisa dia pilih, karena tidak adanya tujuan yang gadis itu akan tempuh.
Ketika kita tahu apa mau kita maka kita akan tahu jalan yang mana yang akan kita tuju dalam rangka menuju tujuan yang kita pilih. Disinilah pentingnya kita tahu tujuan yang kita mau.

Apa Tujuan Kita Mendidik

Dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang pendidikan nasional disana dituliskan tujuan pendidikan nasional kita yakni :”Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. setidaknya tujuan ini bisa mengingatkan kita kembali tentang orientasi pendidian kita yang sejatinya adalah membangun karakter peserta didik di sekolah-sekolah kita.

Ku tahu yang kumau
Seorang teman pernah tertawa dengan miris dan berkata menjadi orang yang sadar dengan tujuan dan apa yang kita mau memang tidak mudah karena kita akan dipaksa untuk tahu dengan konsekuensi yang kita lakukan. namun bagaimanapun menyadari apa yang kita mau adalah ciri kedewasaan kita akhirnya semoga dengan mengingat Allah hati kita akan tenang dengan apapun konsekuensi pilihan kita. Ya Rab jangan engkau timpakan sesuatu yang kami tidak bisa memikulnya, ampunilah kami, sayangilah kami dan tolong lah kami. aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s