KHAIRUNNNAS ANFAUHUM LINNAS

Posted on Updated on

PANDANGAN POSITIVISME DAN KEMAJUAN

Dalam sebuah literatur sebuah pernyataan menarik menggelitik saya, dikatakan oleh pengarangnya bahwa pemahaman positifisme telah banyak memberikan kemajuan terhadap kemajuan ilmu pengetahuan saat ini. dalam buku tersebut lanjutnya dengan pandangan positivisme orang dirangsang untuk beralih memperhatikan hukum sebab akibat yang terukur oleh indera (empirisme) dari pada pandangan sebelumnya yang bersifat hanya menerima “taqdir“.

Tak Ada Gading yang Tak Retak

Pandangan positifisme dan peranannya dalam kemajuan ilmu pengetahuan memang banyak memberi sumbangan dalam kemajuan bahkan dalam dunia pendidikan melui lahirnya berbagai teori pembelajarannya,teori evaluasi dsb. Hal yang perlu kita kritisi dari faham ini sebagai orang yang memiliki Iman adalah pandangan mereka yang tidak mempercayai hal yang diluar empirisme yakni adanya Pencipta dan AKhirat, yang tentunya sangat fatal untuk pandangan kita sebagai pendidik. Padahal banyak hal pada saat ini yang tidak bisa dibuktikan oleh panca indera, paling dekat saja misalnya atom mengapa orang percaya atom ada padahal hanya sebatas teori tanpa pernah melihatnya.

Khairunnas Anfauhum Linnas

Lalu pemikiran apa yang bisa kita wariskan kepada anak didik kita agar mereka bisa memiliki sumbangan dalam kemajuan. Ust. Ibnu Guru Alquran di MIMHa mengingatkan kami dalam sebuah obrolan selepas dzuhur, “semangat Hidup Bermanfaat” adalah pandangan orang-orang terdahulu pada sebelum abad ke 14 ketika mereka berhasil menemukan berbagai penemuan ilmu pengetahuan yang dikembangkan oleh penemu barat saat ini. Misi hidup bermanfaat inilah yang menjadi bahan bakar mereka menemukan berbagai penemuan agar memanfaati banyak orang disekitar mereka. Wallahu a’lam

One thought on “KHAIRUNNNAS ANFAUHUM LINNAS

    no name responded:
    8 Desember 2011 pukul 14:52 am12

    setuju pak agus!!! terkadang kita terlalu di manjakan dengan teori-teori yang notabene semuanya bersumber dari para ilmuwan barat. benar menurut mereka benar juga menurut kita…sehingga kita jadi malas untuk berpikir kritis terhadap pemikiran-pemikiran mereka. atau mungkin saja kita tidak merasa kritis karena kita sendiri belum benar-benar memahami ilmu pengetahuan dasar dalam islam???? ckckck….sungguh memprihatinkan para pemikir muslim sekarang….(gak semuanya yaaa…hehe)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s