LANDASAN PENDIDIKAN

Posted on

Oleh:
Agus Awaludin

Landasan Sebagai Tujuan

Salah satu hal yang terpenting dalam pendidikan adalah kurikulum. Kurikulum merupakan rencana yang dibuat agar peserta didik mendapatkan pengalaman yang bermanfaat untuk hidupnya.
Namun ada hal yang lebih penting dari kurikulum yang kita buat yakni landasan mengapa kita menyusun kurikulum, Setidaknya inilah yang beberapa hari ini membuat saya berhati-hati dalam menitipkan anak-anak kandung saya untuk mendapat pendidikan. Karena apa yang mereka dapatkan dari pendidikan akan berpengaruh kepada mereka tidak hanya dalam kehidupannya sekarang tapi pada masa yang akan datang dalam kehidupan yang kekal diakherat sana.

Landasan Materialisme

Ketika pendidikan dilandasi cara pandang materialisme maka anak yang akan dibangun adalah anak-anak yang materialisme dimana kebahagian bagi mereka adalah dari pandangan materi. Motivasi mereka adalah materi, cara berfikir mereka adalah materi yang kadang pragmatisme, serta amal baik yang mereka lakukan sekedar berlandaskan humanisme.

Anakku Syukur dan Bahagia
Inilah dua kata yang mengingatkan saya ketika melihat kembali apa yang akan menjadi landasan pendidikan anak-anak saya kedepan. Dua kata yang pernah saya dengar sebelumnya ketika memulai sekolah ini. “Pak anak seperti apa yang akan kita bangun disekolah ini? Anak yang syukur dan bahagia. Anak yang syukur adalah anak yang menjadi musuh syetan ketika dia berjanji kepada Allah SWT bahwa dia akan menggoda manusia dari segala arah agar manusia sedikit yang bersyukur kecuali hambaMu yang ikhlash. Anak yang bahagia adalah anak yang disebut Allah dalam tuntunannya ” sungguh berbahagia orang yang beriman”. Jadi landasan disekolah ini pada dasarnya adalah mengarahkan anak didik menjadi hamba yang mengabdi dengan Ikhlash kepada Allah dan anak yang beriman sehingga ia akan bahagia dengan imannya serta bersukur karena ikhlashnya. inilah landasan pendidikan kita dimana segala hal yang kita rancang termasuk kurikulum kita arahkan agar anak didik kita menjadi generasi yang ikhlash dan beriman kepada Rabnya.

Kekuatan Doa
Wahai rab jadikan kami, sebagai jalan anak-anak kami bisa mengenalMu, menjadi generasi yang ikhlash sebagai hambaMu, dan mereka bahagia dengan iman yang ada dalam dada mereka . aaamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s