BUKAN SEKEDAR “SEKOLAH JUARA”

Posted on

BUKAN SEKEDAR “SEKOLAH JUARA”

(sebuah upaya meluruskan niat)

agus awaludin

http://www.gurubelajar.wordpress.com

 

Tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan ketaqwaan dan jangan tolong menolonglah dalam dosa dan permusuhan”(Al-Maa`idah:2).

” ….Berlomba-lombalah kalian dalam kebaikan …“(QS Al  Baqarah : 148).

 

Melihat Lagi Kompetisi

Suatu saat kami berbincang dengan seeorang guru yang mengomentari sikap murid kelas 6 yang merasa dikalahkan oleh murid kelas 6 lain yang beda kelas saat pengumuman hasil suatu tes. Pada saat itu saya teringat dengan budaya kompetisi yang saya lihat saat ini sehingga tak jarang anak-anak TK dipaksa untuk belajar calistung agar bisa bersaing masuk SD yang mensyaratkan hal tersebut.Kompetisi yang mensyaraatkan ada juara dan ada yang kalah sering kali menjadikan yang menang dan yang kalah renggang dari sisi hati, sehingga yang kalah tidak senang saat yang lain juara. Hal inilah yang terjadi dalam dunia yang dilihat dari kacamata kompetisi ada yang juara dan ada yang dikalahkan.

 

Sebaik-baik kalian adalah orang yang bermanfaat

Berbeda pandangan dengan dunia dalam pandangan kompetisi ada dunia lain yang memandang bahwa hidup itu dilihat dari seberapa dia bisa meemanfaati orang lain. kesuksesan dilihat sejauh mana dia memiliki arti dalam hidupnya bagi orang-orang disekitarnya kesuksesan dilihat ketika dia bisa memberi keuntungan kepada banyak pihak disekitarnya. setiap orang memiliki kelebihan dan menggunakan kelebihannya bukan untuk mengalahkan tapi memberi manfaat kepada lingkungan sekitarnya. maka yang terjadi adalah berlomba untuk meningkatkan kebaikan, ia akan iri bukan karena ia tidak juara tapi karena ingin berkarya dan bermanfaat lebih seperti orang yang lebih bermanfaat.

 

BUKAN SEKEDAR “SEKOLAH JUARA”

Pada dunia pendidikan, kita sebagai pendidik dan pengelola pendidikan penting kembali untuk mendidik diri kita. Bahwa memang penting setiap sekolah berusaha menjadi yang terbaik tapi bukan dalam pandangan kompetisi tapi dalam pandangan untuk menerus menjadi sekolah yang lebih bermanfaat. sehingga tidak sekedar menjadi sekolah juara atau melahirkan generasi juara dalam pandangan kompetisi tapi menjadi sekolah yang lebih memberi manfaat dan melahirkan generasi yang lebih bermanfaat untuk dirinya dan lingkungannya. wallahu a’lam.

One thought on “BUKAN SEKEDAR “SEKOLAH JUARA”

    quranhadits20 said:
    15 Juni 2011 pukul 14:52 am06

    Assalamu ‘alaikum wr.wb… lama tak berkunjung ke blog jenengan. Ini saya Zainal Muttaqien, guru MAN Kotabaru Kalimantan Selatan. Kebetulan lagi ingin memperkenalkan blog pembelajaran qur’an hadits madrasah aliyah yg merupakan realisasi produk atau bagian kecil tesis saya di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kebetulan saya kan menulis tema tentang “Pemanfaatan Blog sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah”. Idenya simpel saja yakni bagaimana caranya agar para guru madrasah mampu memanfaatkan kecanggihan perkembangan teknologi informasi komunikasi saat ini utk kepentingan pengayaan pembelajaran di madrasah. Sekaligus agar para guru madrasah tidak dicap gaptek internet… begitu lo pak… hehehehehe! Nah hasilnya ialah berupa sampel blog sederhana dan masih sangat banyak kekurangan di sana sini. Untuk itu mohon masukan, kritik dan saran terkait pengembangan blog pembelajaran tsb.

    Terimakasih atas jalinan ukhuwah dan intellectual networking yg hingga kini tetap terjalin. Semoga ke depannya madrasah akan semakin berkualitas dan menjadi pilihan utama para orangtua di Indonesia. Amienn ya rabbal ‘alamin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s