GURU BAHAGIA

Posted on

GURU  BAHAGIA

www.agusawaludin.com

“Sesungguhnya berbahagia (beruntung) orang-orang yang beriman” (Almukminun : 1)

Melihat Lebih Dekat

Tulisan ini terilhami ketika kami diminta untuk sharing pendidikan dengan para pejuang pendidikan di daerah bekasi. Sepanjang perjalanan saya mencoba merenungkan posisi saya sebagai guru apa sudah bahagia? Apa yang membuat guru bisa bahagia? Bagaimana saya sebagai guru dapat bahagia? Menjadi guru apa memang membahagiakan?

Pertanyaan itu menjadi hal yang coba saya jawab karena bagaimana mungkin saya bisa sharing tentang guru bahagia bila saya tidak bahagia sebagai guru. Subhanallah cahaya itu saya dapatkan saat saya melihat-lihat kembali file slide yang pernah saya simpan.

Memilih Bahagia

Menjadi guru bahagia ternyata sangat ditentukan dengan niat dan tujuannya sebagai guru. Dengan niat dan tujuan yang jelas sekecil apapun langkah akan menjadi langkah berarti, tapi 1000 langkah tapi tanpa tujuan menjadikan sesuatu menjadi bias. Ternyata  kebahagian menjadi guru kuncinya dari tujun kita sebagai guru, dan niatan kita sebagai guru agar menjadi bahagia. Tulisan ini mungkin terlihat utophia apalagi bila dilihat dari tren sekarang yang sangat materialis dan pragmatis bahwa kebahagiaan itu bisa kita pilih melalui menetapkan tujuan dan membesarkan rasa syukur.

Tujuan Membahagiakan

Dari sekian tujuan maka sejatinya tujuan yang bisa kita pilh agar bahagia adalah tujuan balasan dari Allah SWT, karena dunia adalah barang yang fana dan bisa kapanpun berpisah dengan kita. Niatan dunia akan seperti fatamorgana yang terlihat indah tapi sejatinya kosong sehingga tidak jarang ketika dunia di dapat justru kita kehausan akan kebahagiaan. Jadi memilihlah untuk bahaagia dengan menetapkan tujuan yang akan membahagiakan sebenarnya. Wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

