Dasar Karakter Tanggung Jawab

Posted on Updated on

Dasar Karakter Tanggung Jawab

Agus Awaludin

www.gurubelajar.wordpress.com

 

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (QS. Alzalzalah, 99:7-8)

 

TANGGUNG JAWAB DALAM DASAR KARAKTER TAUHIID

           Tanggung jawab dalam pengajaran pembiasaan dasar karakter tauhiid merupakan intisari dan kata kunci dari sikap hamba yang senang melakukan kebaikan dan perbuatan yang bermanfaat. Sikap tanggung jawab yang diharapkan tumbuh adalah sikap Tanggung jawab yang terlahir dari keimanan yang dimiliki. Oleh karenanya konsekuensi logis dari orang yang ingin mencapai derajat berkarakter tanggung jawab adalah kecintaan, kesungguhan, pemahaman dan pelaksanaan orang tersebut kepada keyakinannya. Dengan keyakinannya mendorongnya untuk  mampu bersikap tanggung jawab dalam segala aspek kehidupannya.

TUJUAN DASAR KARAKTER TAUHIID TANGGUNG JAWAB

           Tujuan dari pengajaran pembiasaan dasar karakter tauhid tanggung jawab adalah guna mendorong dan memotivasi komunitas pembelajar untuk menyadaari bahwa perbuatan itu harus dilakukan dengan pilihan yang sadar atas konsekuensinyasehingga dia akan menjadi insan yang selalu melakukan perbuatan yang mendatangkan manfaat dan kebaikan.

Petanggungjawaban

Sejatinya kehidupan dunia ini adalah tanaman yang akan kita petik hasilnya di kehidupan akhir nanti. Kesadaran akan kehidupan sesudah kehidupan dunia inilah yang akan menguatkan pilihan tata nilai, amalan yang kita lakukan karena mereka yang yakin dengan kehidupan sesudah kehidupan dunia ini akan senantiasa menyiapkan saat mereka harus mempertanggungjawabkan kehidupannya. wallahu a’lam 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s