KARENA INI URUSAN HATI

Posted on

KARENA INI URUSAN HATI

Agus Awaludin

http://www.gurubelajar.wordpress.com

Ingatlah sesungguhnya didalam tubuh ada segumpal darah bila baik maka baik seluruhnya dan jika buruk maka buruk seluruhnya, ingatlah dia itu adalah hati. (Alhadits)

Hidayah Milik Allah

Satu hal yang terlupa dalam pendidikan adalah kita sebagai guru bukan orang yang memberi hidayah, kita hanyalah pemberi kabar gembira dan peringatan dengan pembelajaran yang kita lakukan. Perubahan anak didik kita kearah prilaku yang lebih baik mutlak merupakan hak Allah yang Maha menunjuki, karena itu tidak pantas kita berlaku sombong dengan perubahan yang baik pada anak didik kita, begitu pula tidak pantas kita putus asa bila anak didik kita belum memperlihatkan kperubahan lebih baik, karena kita buka yang memberikan hidayah anak didik kita menjadi lebih baik kita hanyalah perantara dari hidayah Allah atas anak didik kita.

Menyentuh Hati

Berkaca dari hadits diatas awal mula perubahan adalah hati saat dia menangkap hidayah kebaikan, berati bagaimana kita mengkondisikan hati anak didik kita menjadi hati yang mudah menerima hidayah kebaikan sehingga dengannya dia berubah kearah kebaikan. Dan menyentuh hati memang dengan hati, disinilah pendidikan merupakan kegiatan interaksi hati dengan hati. Dan hati yang bersih tentu akan bertemu dengan hati yang bersih. Tazkiyatun nafs memang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari seorang yang memilih untuk menjadi seorang guru.

Karena Ini Urusan hati

Beginilah pendidikan, karena ini urusan hati maka kita perlu menjaga hati dan menilai dengan hati agar menjadi interaksi hati-hati yang penuh pengabdian dan mudah menerima hidayah kebaikan. wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s