“KETERBATASAN ILMU’

Posted on

“GURUMU TIDAK SERBA TAHU NAK”

Agus Awaludin

http://www.gurubelajar.wordpress.com

“Wahai Musa aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui, dan kamu (Musa) mengetahui apa yang tidak aku mengetahui.” (kisah nabi Khidlir HR. Bukhari)

Setetes ilmu dilautan samudra ilmu

Apa yang membuat kita menjadi seorang guru yang tidak mau belajar, bukankah banyak hal yang tidak ketahui dibandingkan dengan yang kita ketahui. bukankah ilmu yang kita miliki laksana setes air diparuh burung laut dan ilmu Allah itu seluas samudra yang membentang. Jadi alasan apa dihadapan sang pencipta nanti ketika kita berkilah sebagai guru alasan kita tidak belajar menuntut ilmu.

“apakah kalian menyuruh mansia kepada kebaikan sedangkan kalian melupakan diri kalian sendiri, apakah tidak kalian berakal” (Alquran)

Sering kali kita meminta anak didik kita untuk giatbelajar, tapi lihat diri kita berapa banyak waktu yang kita lakukan untuk melakukan proses belajar. proses sertifikasi guru yang semestinya menjadi triger untuk belajar malahan menjadi lahan baru dosa yang kita kerjakan karena ketidak mauaan kita untuk belajar. Tidaklah kita takut dan merah muka kita karena bila nanti dibukakan sejatinya diri kita di depan anak didik kita seberapa sungguh-sungguh kita untuk terus belajar.

Kami banyak tidak tahu nak?

Bapak ibu guru banyak hal yang harus kita akui, kita tidak serba tahu sebagai pendidik, maka tidak perlu kita malu untuk sama-sama mencari tahu dengan anak didik kita, belum terlambat kiranya jiwa ini untuk mengatakan kepada anak didik kita : ‘Nak bapak belum tahu masalah itu, yuk kita cari tahu sama-sama semoga Allah membukakan hati dan kefahaman untuk kita mudah memahaminya”. Doa kami untukmu nak lebih baik dari kami guru mu yang memiliki banyak ketidak tahuan. wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s