MEMAKNAI TANGGUNG JAWAB PENDIDIK

Posted on

MEMAKNAI TANGGUNG JAWAB PENDIDIK

Agus Awaludin

http://www.gurubelajar.wordpress.com

“Pak, mendidik itu gratis karena tanggung jawab kita mewariskan kepada generasi sesudah kita nilai-nilai yang baik, tapi kalau belajar tidak mungkin tanpa biaya”. (Inspirasi dari Bapak Pensiunan Kepala Sekolah di Angkutan Umum)

Guru Pendidik

Sebuah inspirasi siang saat saya berjumpa dengan Bapak yang dulunya menjadi kepala sekolah di sebuah sekolah dasar, sebuah inspirasi bagi saya dan sangat mengingatkan, selama ini kita sebagai guru bisa jadi telah terjebak dengan angka pada rapot dan target materi yang akan diujikan padahal kalau kita mau jujur untuk mengembalikan makna sekolah adalah pendidikan, dan pendidikan sejatinya membiasakan nilai yang baik agar mereka menjadi manusia yang bernilai.

UAN dan Dilema Pendidikan

Ketakutan kita terhadap UAN menjadikan kita mendewakan materi pelajaran dan mengesampingkan pendidikan nilai dilembaga tempat kita semestinya melakukan pendidikan, sekolah menjadi bergeser mencetak para ensiklopedian dengan ketiadaan nilai yang cukup untuk memanfaatkan pengetahuan yang mereka miliki dalam kehidupannya. Kelulusan UAN menjadi gengsi dan ketakutan yang kita ciptakan sendiri sehingga menggunakan beragam trik dan tips agar anak didik kita bisa lulus ujian yang ak jarang menghancurkan nilai-nilai kebaikan. Sebuah dilema nyata dalam UAN dan pendidikan.

Tanggung Jawab Kita

Pendidikan memang bukan hanya tanggung jawab kita saja, tapi memang profesi kita adalah bagian dari yang bertangung jawab padanya bisa jadi mereka yang telh korupsi selama ini, mereka yang telah menjual Narkoba, berzina, melakukan pendoliman pada rakyat sedikit banyak sahamnya adalah hasil dari pendidikan kita di sekolah. Semoga mengingatkan diwaktu kita melaporkan hasil pembelajaran untuk anak-anak kita pada akhir desember ini. wallahu a’alam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s