DASAR KARAKTER ADIL

Posted on Updated on

DASAR KARAKTER ADIL

Agus Awaludin

www.gurubelajar.wordpress.com


Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (Alquran)

Ruh Karakter Adil

Dasar ketiga dari karakter Tauhiid adalah dasar karakter adil, karakter ini merupakan merupakan intisari dan kata kunci dari sikap hamba yang mencintai ilmu dan para pembawanya. Sikap adil yang diharapkan tumbuh adalah sikap adil yang terlahir dari keilmuan yang dimiliki. Oleh karenanya konsekuensi logis dari orang yang ingin mencapai derajat berkarakter adil adalah kecintaan, kesungguhan, pemahaman dan pelaksanaan orang tersebut kepada ilmu. Dengan ilmu yang diketahui dan difahaminya maka diaharapkan  akan mendorong pelakunya untuk mampu bersikap adil dalam segala aspek kehidupannya.

Adil sebagai keseimbangan

Keikhlasan sebagai landasan dengan komitmen terhadap kebenaran yang kuat memiliki konsekuensi untuk menjadi pribadi yang berilmu dalam pelaksanaannnya. Ilmu akan menjadikan kita sebagai pribadi yang tidak merasa benar sendiri tapi menjadi pribadi yang mengikuti kebenaran, dengan ilmu diharapkan mereka menjadi pribadi yang tahu kalau dirinya tidak tahu seingga mereka selalu berusaha untuk mencari tahu. Dengan ilmu diharapkan mereka mampu menentukan pilihan dengan penuh kebijaksanaan.

Karakter Adil dan keterampilan belajar

Ilmu yang kita ajarkan disekolah sekarang mungkin bisa jadi sesuatu yang telah ketinggalan zaman karena perkembangan ilmu yang sangat bergerak cepat. Sehingga yang perlu kita lakukan sekarang adalah memberi bekal kepada anak didik kita agar mampu beradaptasi dengan perubahan kedepan. Disinilah pentingnya keerampilan belajar perlu diajarkan dengan iklim belajar yang menyenangkan sehingga anak akan memiliki kesan yang kuat bahwa belajar adalah sesuatu yang membahagiakan untuk mereka sekarang maupun kedepan. Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s