DASAR KARAKTER JUJUR

Posted on Updated on

DASAR KARAKTER JUJUR

AGUS AWALUDIN

www.gurubelajar.wordpress.com

Sesungguhnya tiada lain orang beriman itu adalah mereka yang beriman kepada Allah dan RasulNya, kemudian mereka tidak ragu. Dan mereka berjihad dengan harta dan jiwa dijalanNya. Mereka itulah orang-orang yang benar (Shodiqun). (alquran)

Ruh karakter jujur

Bagian kedua dari karakter Tauhiid setelah karakter ikhlash adalah jujur. Jujur yang dimaksud dalam karaker tauhiid ini diambil dari kata shiddiq. Yang sejatinya bermakna mereka yang membenarkan apa yang dari Allah dan rasulnya walaupun pahit yang akan menimpa kepada mereka. Sejatinya gol dari karekter jujur ini digambarkan sebagai pribadi yang memiliki sikap sebagai pilihan hidupnya dimana mereka memegang teguh keimanan dan nilai-nilai pengabdian dengan tanpa keraguan dan selanjutnya memperjuangkan keimanan ini dengan seluruh potensi pada dirinya.

Karakter perlu dilatih

Kesungguhan itu kadang naik kadang terun. Dan vitamin dari kesungguhan kita adalah ilmu. Memang tidak sekonyong-konyong karakter jujur ini akan bisa muncul dan hadir dalam kehidupan dan keseharian kita perlu pengasahan dan pembiasaan dari nilai-nilai baik ini sehingga menjadi sebuah akhlaq atau karakter. Disinilah pentingnya kita menurunkan nilia-nilai karakter tauhiid menjadi nilai-nilai praktis yang menjadi bagian dari latihan kita menuju gol atau tujuan (maqashid) yang kita inginkan.

Tidak ada kekuatan kecuali kekuatanNYa

Adakah jaminan bahwa sekolah atau guru yang berniat mewariskan karakter Tauhiid anak didiknya menjadi pribadi bertauhiid?. Allohumman shurnaa itulah harapan kita semua dari apapun yang kita lakukan, dan menjadikannya sebagai amal saleh yang diterima. Wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s