APA YANG HILANG DALAM PENDIDIKAN ?

Posted on Updated on

APA YANG HILANG DALAM PENDIDIKAN ?

(Melihat lebih dalam)

Agus Awaludin, S.Pd

http://www.gurubelajar.wordpress.com

Berawal dari Obrolan

Dalam sebuah obrolan ringan ada sebuah ide segar yang mengalir memenuhi rasa dahaga  yang saya rasakan ketika melihat dunia pendidikan. Rasa dahaga yang selama ini saya rasakan ketika mencoba untuk membuka lebih dalam apa yang terjadi dengan dunia pendidikan yang saya lihat sekarang.

Pemandangan ketika wajah pendidikan ini terlihat sebagai dunia mata pelajaran, nilai-nilai yang tidak jelas  sehingga warisan budaya apa yang ingin diberikan menjadi tidak kelas.

Dahaga itu terpenuhi sudah ketika seorang ustadz mengatakan hakikat pendidikan sejatinya adalah mewariskan nilai, dan membuat anak mau belajar. Materi pelajaran sejatinya merupakan materi yang sudah kadaluarsa untuk selalu jadi pegangan anak karena ilmu pengetahuan akan selalu berkembang, maka yang terpenting adalah bagaimana mereka mau terus belajar dalam hidup dan kehidupannya serta memiliki nilai-nilai yang akan menjadi hal yang mempengaruhi keputusan hidupnya.

Mau Belajar

Kata kunci ini digambarkan dengan kata How to learn ? sebagai keterampilan yang perlu diwariskan kepada anak didik kita, sehingga mereka mampu memecahkan berbagai macam masalah sebagai hasil dari berbagai pilihan yang akan mereka temukan dalam hidupnya, sayang bila pelayan pendidikan menafikan masalah ini bisa kita bayangkan profil anak seperti apa yang akan terlahir dalam dunia pendidikan yang tidak mengajarkan agar mereka tahu dan mau belajar.

semoga lintasan diskusi ini menjadi sebuah hal yang mengingatkan kita semua. wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s