DASAR KARAKTER IKHLASH

Posted on

DASAR KARAKTER IKHLASH

Agus Awaludin

www. gurubelajar.wordpress.com

PONDASI KARAKTER TAUHIID

Bila saya ditanya apakah dasar dari pondasi generasi berkarakter tauhiid, maka karakter ikhlashlah dasarnya. Karakter inilah yang menjadi ruh bagi dasar karakter yang lain, karena sejatinya hidup ini merupakan pengabdian kepada Allah dan pengabdian seperti apa yang Allah SWT inginkan adalah pengbdian yang ikhlash hanya kepadaNYa. Dari dasar karakter inilah dasar karakter lain muncul sebagai konsekuensi dari pengabdiannya kepada Allah.

Ikhlash

Karakter ikhlash yang ingin ditanamkan pada pembiasaan karakter dalam pendidikan karakter tauhiid adalah pembiasaan yang diawali dari kesadaran bahwa dirinya adalah makhluk Rab yang telah diciptakan, diurusi, dan diberi rejeki. Maka sudah sepatutnya dia mengagungkan dan memulyakan Allah melalui prilaku kesehariannnya. Selanjutnya setelah mereka mampu mengagungkan Allah sebagai Rab yang telah memberi mereka banyak hal, maka mereka selanjutnya meneruskan menginstal diri mereka untuk menjadikan hidup sebgai pengabdian pada Allah.

Tujuan Pembiasaan Karakter Ikhlash

Pendidikan karakter ikhlash di MIMHa pada dasarnya ingin membekali segenap komuitas pembelajar MIMHa untuk menjadikan Allah sebagai dasar apa yang dilakukannya. Apapun aktivitas yang dia pilih dan kebaikan apapun yang ingin dilakukannnya diharapkan berlandaskan sebagai pengabdiannya kepada Allah. Ramahnya mereka, senyumnya mereka, membuang sampahnya mereka, memberi salamnya mereka diharapkan semuanya ditujukan sebagai pengabdian pada Allah. Wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s