MENGIKUTI BANYAK ORANG

Posted on

MENGIKUTI BANYAK ORANG

Agus Awaludin

http://www.gurubelajar.wordpress.com

 

Rasa aman

Mengikuti banyaknya orang memang menimbulkan kenyamanan karena kita merasa banyak teman, mengikuti banyak orang memang bisa menimbulkan ketenangan karena merasa banyak teman yang senasib dan sudah banyak yang membuktikan. Mengikuti banyak orang memang menimbulkan rasa aman karena kita di dukung oleh banyak orang dan tidak bertentangan dengan kemauan orang banyak serta keumuman orang.

 

Dilema mengikuti banyak orang

Banyak ayat dalam tuntutunan suci kita yang mengatakan “ kebanyakan manusia itu tidak bersyukur, kebanyak manusia itu tidak mengetahui, kebanyakan manusia itu lalai, kebanyakan manusia tidak beriman”. Kita dihadapkan kepada dilema pada satu sisi kita senang kenyaman dengan mengikuti banyak orang pada sisi lain Allah mewanti-wanti kita untuk waspada dengan banyaknya orang.

 

Tidak Sekedar mengikuti

Pilihannya tentu bukan sekedar ikut atau sekedar beda dengan kebanyakan orang karena bila standar pilihan kita hanya sekedar ikut dan sekedar beda akan menimbulkan banyak relatifitas. Mengikuti banyak orang belum tentu salah sebagaimana berbeda dengan banyak orang belum tentu benar. Kebenaran sudahlah jelas yakni Alhaqqu min rabbik inilah standar kita bila kebanyakan orang itu mengikuti kebenaran Allah penting bagi kita mengikutinya dan begitu sebaliknya bila berbeda itu mengikuti Allah maka itulah pilihan kita.

 

Konsistensi Nilai

 Konsistensi akan berpegang pada nilai inilah yang menjadikan kita menjadi pribadi atau sekolah yang memiliki ciri khas. Ditengah pandangan pendidikan yang lebih mengedepankan akademik dan besarnya angka-angka akhir di ujian tanpa memeperhatikan proses dan nilai yang dianut oleh siswa sebagai produk pendidikan, maka sekolah atau pribadi yang keluar dari padangan itu akan menjadi pibadi yang berbeda dan akan nampak seperti melawan arus dari umumnya masyarakat.

 Pilihan berbeda

Sekolah yang memilih untuk berbeda dengan kebanyakan masyarakat tentu akan mendapati reaksi dan ujian, begitulah sunahnya perjuangan dimana waktu yang akan menjawab karena setiap kita sedang menunggu hasil dari amalan yang kita lakukan. Wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s