KARAKTER TAUHIID

Posted on Updated on

KARAKTER TAUHIID

Oleh : Agus Awaludin, S.Pd

 www.gurubelajar.wordpress.com

Pilihan Karakter Tauhiid

Karakter Tauhiid yang berisikan nilai-nilai yang mendasari amal menjadi sebuah amal saleh, yakni:

1. Dasar Karakter Ikhlash

2. Dasar Karakter jujur

3. Dasar Karakter Adil

4. Dasar Karakter Tanggung Jawab

5. Dasar Karakter Santun

Merupakan pilihan dari sekian pilihan karakter sekolah sebagai bentuk kesadaran dari nilai-nilai yang kita pegang dalam hidup dan kehidupan. Karakter Tauhiid dipilih sebagai bentuk kemerdekaan dalam merencanakan pendidikan sebagai pewarisan kebudayaan yang ingin diwariskan.

Pendidikan adalah pewarisan peradaban

Pewarisan peradaban adalah tujuan pendidikan. Pendidikan yang tidak diisi dengan tujuan warisan peradaban menyebabkan sama saja apakah proses pendidikan itu kita adakan atau tidak karena kita tidak mengaruh pada tujuan. Kehilangan tujuan mewariskan peradaban inilah yang harus kita waspadai tatkala kita memutuskan menjadi seorang pendidik atau mendirikan lembaga pendidikan karena akan jauh lebih berbahaya ketidak adaannya dibandingkan ketidak adaan fasilitas pendidikan sebagai penunjang karena warisan peradaban dalam pendidikan yang kita lakukan akan menjadi roh pendidikan itu menjadi bermakna baik untuk kita sebagai pendidik maupun mereka yang kita didik.

Kemerdekaan Merencanakan Pendidikan

Adanya tujuan peradaban yang kita tetapkan akan menjadikan kita sebagai pendidik dan lembga pendidikan yang merdeka dalam merencanakan pendidikan. Kita akan tahu betul desain output yang kita inginkan sebagai bentuk pewarisan budaya yang kita cita-citakan. Sebaliknya ketidak adaan tujuan menjadikan output yang kita didik akan diarahkan oleh tujuan lain yang mungkin bisa jadi kita tidak kehendaki tujuannya bila kita menyadarinya.

Berawal Dari Pilihan di dasari dengan Kesadaran

Menurut pandangan saya kalimat diatas menjadi panduan awal bagi kita sebagai pendidik dan menyelengarakan pendidikan. Buatlah pilihan peradaban apa yang kita ingin wariskan, dan landasi pilihan itu dengan kesadaran konsekuensi karena nilai-nilai yang kita anut dalam hidup kita. Wallahu a’lam

SHARING PENDIDIKAN MIMHa [Compatibility Mode]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s