PIJAKAN MENENTUKAN HASIL YANG KAU DAPATKAN

Posted on

PIJAKAN MENENTUKAN HASIL YANG  KAU  DAPATKAN

Oleh: Agus Awaludin

http://www.gurubelajar.wordpress.com

 

“Tidak akan sampai daging dan darah qurbanmu tapi yang sampai kepad Allah adalah taqwamu” (Alquran)

“Allah tidak memandang bentuk rupamu tapi Allah melihat apa yang ada dalam hatimu.” ( alhadits)

 

Inspiring Word

Dua kalimah mulia ini bagi saya memberi inspirasi betapa perbuatan baik belum tentu diterima selama landasan dari perbuatan tersebut lemah. Dalam konteksnya di atas adalah keikhlasan sebagai batasan amal tersebut bisa diterima.

 

Pendidikan Berbasis Keikhlasan

Pendidikan yang kita lakukan selama ini tentu dengan berbagai motif di dalmnya berniat menjadikan anak-anak kita sebagai generasi yang tidak hanya menjadi bagian dunia dan pengisi dunia ini tentu kita berharap mereka memberi makna di dalam dunia ini. Pertanyaannnya adalah sejauh mana makna yang mereka lakukan itu akan mendatangkan kebaikan bagi mereka sendiri tidak hnya di duni tapi juga bermakna untuk masa depa akhirat mereka. Tentu bukan saja sekedar mereka memiliki amal yang baik menurut manusia tapi juga amal kebaikan itu memiliki nilai yang baik disisi Tuhannya.

 

Pijakan it’s a keyword

Berbagai nilai kehidupan dicobakan agar manusia menjadi manusia yang baik termasuk dalam dunia pendidikan. Hal yang perlu kita pastikan adalah apa pijakan kebaikan yang mereka lakukan. Memang tidak ada sekecil kebaikanpun yang tidak memiliki makna namun pertanyaannya adalah sejauh mana kebaiikan itu memberi dampak kebaikan untuk dirinya. Disinilah pijakan memiliki kunci dan berperan penting. kebaikan yang dilandasi karena pengabdian pada Tuhannya tentulah kebaikan yang sempurna dan akan mendatangkan kebaikan untuk dirinya dan orang lain.

 

 

Bukan Sekedar Baik

Kebaikan bukan hanya sekedar baik tapi menjadi kebaikan yang memperbaiki hubungannya dengan Tuhannya bukan sekedar baik dengan manusia. Karenanya pendidkan nilai kebaikan yang kita ingin tanamkan penting dipastikan sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhannya bukan sekedar kebaikan kepada sesama manusia tapi bernilai juga sebagai kebaikan dihadapan Tuhannya. Wallahu a’alam bishshawab.

2 thoughts on “PIJAKAN MENENTUKAN HASIL YANG KAU DAPATKAN

    edi sudrajat a said:
    27 Desember 2008 pukul 14:52 am12

    Setuju 100% tentang arti penting pijakan dalam beramal.
    Kita sering beramal untuk anak, pasangan, atau orangtua sebagai tanda hormat/sayang kita kepada mereka.
    Yang harus terus-menerus kita tumbuhkan adalah rasa syukur kepada Sang Pencipta Kehidupan. Semoga rasa syukur itu yang secara otomatis membawa kita beramal bagiNya.
    Barangkali itu yang dimaksud Pak Agus tentang landasan hakiki sebuah amal.
    Trims Pak Agus atas inspirasinya.

      Agus Awaludin responded:
      6 Januari 2009 pukul 14:52 am01

      Pak Edi nuhun virusna dugi ka ayeuna abdi demam interaktif, demam malah langkung-langkung teu turun-turun mugia Pak Edi di janten langkung manfaat ku Allah sarengan dijantenkeun elmuna jadi elmu nu manfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s