PENDIDIKAN DENGAN JAMINAN MUTU

Posted on Updated on

PENDIDIKAN DENGAN JAMINAN MUTU

Oleh: Agus Awaludin

www.gurubelajar.wordpress.com

 

Inspirasi dari Standar Ciptaan Allah

Dalam surat Al ‘Ala ayat 3 Allah berfirman “Alladzi Qaddara fahadza”  artinya Dialah dzat yang (menciptakan makhluk) dengan qadar kemudian meneunjukinya. Ahli tafsir memahami taqdir disini maknannya adalah Allah menciptaskan manusia sebagai manusia, kambing sebagai kambing artinya adanya standar criteria minimal suatu ciptaan Allah suesuatu dikatakan manusia begitu juga dengan benda ciptaan lainnya, sehingga dengan mudah kita melihat ada ketidak laziman ketika standar itu tidak terpenuhi.

Tentu hal yang menarik dan menginspirasi dari firman Allah ini adalah bagaimana kita mampu membuat system hidup yang terstandar sehingga dengan mudah kita akan menemukan hal yang perlu diperbaiki kertika melihatnya.

 

Standar dan Tanggung Jawab

Sebagai makhluk yang dikenai amanah oleh Allah sebagai hamba dan khalifahnya tentu bagi kita memiliki konsekuensi yakni pertanggung jawaban dikemudian hari dari amanah yang kita emban ini, sebagai sebuah hisab yang sangat berpengaruh terhadap kebahagian dan kesulitan yang akan kita peroleh sebagai akibat dari hisab tanggung jawab yang kita tanggung. Disinilah standar memiliki peranan dalam membantu kita menghisab diri sebelum kita dihisab nanti yakni sebagai bentuk evaluasi pribadi sebelum nanti kita dihisab oleh yang maha menghisab.

 

 

Standar dan Pendidikan

 Salah satu bentuk yang akan dimintai pertanggung jawaban dari kita sebagai pendidik adalah tentu pendidikan kita, karena itu sejauh mana usaha kita untuk menjamin apa yang kita lakukan adalah sebagai sebuah pendidikan yang benar mutlak kita lakukakan. Terlepas dari standar yang kita lakukan dalam dunia pendidikan itu akan berimplikasi kepada kesejahteraaan  kita sebagai akibat kepercayaan orang tua yang menitipkan anaknya, tapi bagi orang yang percaya kepada hari pertanggung jawaban hal itu tidaklah menjadi suatau yang menarik dibandingkan dengan usahanya untuk menyiapkan sebuah pendidikan yang bisa dia pertanggung jawabkan dengan benar dihadapan Allah dan tidak mendhalimi sesama hambaNya.

 

Efek Standar Mutu Pendidikan

Setelah kita memahami hakikat dari sebuah mutu pendidikan sebagai pertanggung jawaban amanah kita kepada Allah maka selanjutnya terbangunnnya standar mutu secara terlihat akan mampu mengembalikan fungsi pendidikan yang kini telah berubah kepada budaya materialism pendidikan menjadi pendidikan yang lebih manusiawi dan mampu dipertanggung jawabkan secara valid kepada seluruh pihak yang berkepentingan di dalamnya. Bila bola ini terus berlanjut maka akan tercipta budaya pendidikan yang positif sehingga harapan kita kedepan generasi yang kita didik ini bisa lebih baik dari zaman kita sekarang akan segera terwujud. Aamiin.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s